Klasifikasi Taenia saginata


Klasifikasi Taenia saginata - Taenia saginata merupakan golongan hewan Invertebrata, Filum Platyhelminthes. Ccaing ini tergolong parasit bagi hewan dan Manusia, terutama jenis hewan seperti sapi dan kerbau, biasa dikenal dengan nama Indonesia Cacing Pita. Taenia saginata pada bagian scolexnya memiliki kesamaan dengan Taenia solium yaitu sama-sama memiliki  4 buah batil isal seperti mangkok, namun pada Taenia saginata tidak mempunyai  kait-kait (hooks)

Taenia saginata

Cacing pita Taenia dewasa hidup dalam usus manusia yang merupakan induk semang definitif. Segmen tubuh Taenia yang telah matang dan mengandung telur keluar secara aktif dari anus manusia atau secara pasif bersama-sama feses manusia. Bila inang definitif (manusia) maupun inang antara (sapi dan babi) menelan telur maka telur yang menetas akan mengeluarkan embrio (onchosphere) yang kemudian menembus dinding usus.Embrio cacing yang mengikuti sirkulasi darah limfe berangsur-angsur berkembang menjadi sistiserkosis yang infektif di dalam otot tertentu.Otot yang paling sering terserang sistiserkus yaitu jantung, diafragma, lidah, otot pengunyah, daerah esofagus, leher dan otot antar tulang rusuk. Infeksi Taenia dikenal dengan istilah Taeniasis dan Sistiserkosis.Taeniasis adalah penyakit akibat parasit berupa cacing pita yang tergolong dalam genus Taenia yang dapat menular dari hewan ke manusia, maupun sebaliknya. 

Penyebaran cacing adalah kosmopolit, didapatkan di Eropa, Timur Tengah, Afrika, Asia, Amerika Utara, Amerika Latin, Rusia dan juga Indonesia yaitu Bali dan Jakarta (Sutanto,2008). Penyakit ini relatif umum di Afrika , beberapa bagian Eropa Timur , Filipina ,dan Amerika Latin . Manusia terinfeksi ketika mereka makan daging sapi yang tidak dimasak sepenuhnya (Anonim, 2011). Parasit ini ditemukan di mana saja di mana daging sapi dimakan, bahkan di negara-negara seperti Amerika Serikat di mana ada kebijakan yang ketat sanitasi federal. Di AS kejadian terinfeksi rendah, bagaimanapun, 25% dari sapi yang terinfeksi masih dijual (Anonim, 2011).

Klasifikasi Taenia saginata
Kingdom      : Animalia
Phylum         : Platyhelminthes
Class            : Cestoda
Ordo            : Cyclophyllidea
Family          : Taeniidae
Genus          : Taenia
Species        :Taenia saginata (Purnomo, 1987)
thumbnail Title : Klasifikasi Taenia saginata
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-04-18T08:59:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 08.59