Pertumbuhan Sekunder


Pertumbuhan Sekunder - Pertumbuhan sekunder terjadi pada tumbuhan parenial (tahunan) berkayu, misalnya pohon dan semak. Pertumbuhan sekunder merupakan hasil pembelahan sel-sel meristem lateral yang terlibat , yaitu kambium vaskuler dan kambium gabus. Keduanya merupakan jaringan yang bersifat meristematis sehingga sel-selnya memiliki kemampuan untuk tetap aktif membelah.

Pertumbuhan Sekubder

Sel-sel kambium vaskuler terletak di antara xilem dan floem. Sel-sel kambium vaskuler melakukan pembelahan ke arah dalam membentuk jaringan floem sekunder. Pembelahan-pembelahan sel-sel kambium vaskuler menghasilkan pertambahan diameter batang.

Pembelahan kambium ini terjadi sepanjang tahun, tetapi kecepatan pembelahan pada musim hujan dan musim kemarau tidak sama.  Pada musim hujan, kecepatan pembelahannya lebh tinggi sehingga menghasilkan pertambahan diameter batang yang lebih besar. Jika mengamati penampang melintang batang pohon yang ditebang. Anda akan mendapatkan bentuk-bentuk lingkaran pada batang pohon yang disebut lingkaran tahun. Kita dapat menentukanumur suatu pohon dengan melihat jumlah lingkaran tahunnya.

Meristem lateral yang kedua, yaitu kambium gabus atau felogen, terbentuk dari pembelahan tangensial sel-sel parenkim atau kolenkim di bawah epidermis. Pembentukan kambium gabus penting dalam penebalan sekunder batang. Kambium gabus menggantikan epidermis membentuk kulit kayu yang kedap dan berfungsi sebagai pelindung pada permukaan batang berkayu. Kulit kayu mengandung lentisel, yaitu tempat oksigen dan karbon dioksida berdifusi masuk dan keluar dari sel-sel batang.
thumbnail Title : Pertumbuhan Sekunder
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-03-16T08:54:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 08.54