Lingkungan Pelagik


Lingkungan Pelagik - Semua biota yang hidup di lingkungan laut tetapi tidak hidup di dasar laut dinamakan Biota Pelagik. Lingkungan hidup dimana biota ini hidup disebut Lingkungan pelagik. Lingkungan ini mencenkup kolom air mulai dari permukaan dasar laut sampai paras laut. Lingkungan pelagik mempunyai batas wilayah atau mintakat yang meluas mulai dari garis pantai sampai wilayah laut terjeluk. Dalam pemintakatan lingkungan pelagik, dasar yang dipakai untuk membagi-bagi  lagi mintakat yang lebih kecil adalah kejelukan. Tetapi ada juga pembagian mintakat yang sifatnya fisiografik, seperti mintakat neritik, yakni wilayah lingkungan perairan yang terletak diatas landas benua. dalam hal ini tidak ada batas kejelukan yang jelas yang terkait dengan pembagian mintakat tersebut, karena adanya perbedaan secara geografik dalam kejelukan paparan atau batas lereng. Meskipun demikian, 150-200 m digunakan sebagai perkiraan batas antara mintakat neritik dan mintakat oseanik.


  • Mintakat Neritik: pemisahan lingkungan pelagik menjadi mintakat neritik dan mintakat oseanik dapat dipahami jika dilihat dari hal-hal berikut: Mintakat neritik yang berada di paparan benua dihuni oleh masyarakat biota laut yang berbeda dengan mintakat oseanik.
  • Mintakat oseanik : Kolom air di mintakat oseanik biasanya dibagi menjadi empat lapisan perairan. Masing-masing lapisan dapat dianggap sebagai satu lingkungan perairan dan luas wilayahnya sebagai satu mintakat.
thumbnail Title : Lingkungan Pelagik
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2014-12-22T23:05:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 23.05