Lingkungan Bentik


Lingkungan Bentik - Lebih sederhana daripada lingkungan pelagik, lingkungan bentik dibagi menjadi mintakat litoral yang meluas dari garis pasang tertinggi sampai ke pinggir paparan benua, dan mintakat dasar laut jeluk, yang meluas mulai dari pinggir paparan benua sampai ke dasar laut terjeluk dari samudera.

Garis pembatas antara litoral dan laut jeluk biasanya terletak pada kejelukan 200 m dan secara kasar merupakan kejelukan dengan sinar matahari masih dapat menembus dasar laut.


  • Mintakal Litoral: Pantai yang secara berkala mengalami perendaman dan pengeringan akibat terjadinya proses pasut seperti yang diterangkan di bab sebelumnya oleh para ilmuwan dibag-bagi menurutberbagai sudut pandang. Mintakat litoral atau mintakat pasut adalah bentangan pantai yang terletak di antara paras air tertinggi dari pasut purnama ke arah daratan dan paras air terendah dari pasut purnama.
  • Mintakat abisal : Lingkungan dasar laut abisal dalam banyak hal menyerupai dasar lumpuryang terdapat pada dasar perairan yang lebih dangkal dan dapat dianggap menimbulkan masalah bagi penghuninya. Benda-benda keras seperti batu yang dapat digunakan untuk menempel bagi hewan-hewan tertentu jarang sekali terdapat.
thumbnail Title : Lingkungan Bentik
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2014-12-23T10:42:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 10.42