Klasifikasi Bunga Pukul Empat (Mirabilis Jalapa)


Klasifikasi Bunga Pukul Empat (Mirabilis Jalapa) - Klasifikasi Mirabilis jalapa - Mirabilis jalapan merupakan salah satu tanaman hias populer di Indonesia, dengan sebutan bunga pukul empat. Yang menjadi ciri khas dari bunga ini adalah bunga nya yang cantin dan indah dipandang mata. Bunga Pukul empat tumbuh di mana saja, Bunga pukul empat disebut pula bunga sore, disebut demikian karena bunganya mekar saat sore hari dan dapat bertahan hanya sekitar beberapa jam saja. Pada pangkal bunga saat dipetik, akan keluar setitik air yang mempunyai rasa manis. 

sumber: elinaswann.blogspot.com

Tanaman hias ini mempunyai bunga berbentuk menyerupai terompet kecil. Warna bunganya beraneka ragam sesuai dengan jenisnya. Ada yang merah, putih, kuning, bahkan kadang-kadang dalam satu pohon terdapat warna campuran.  Di Inggris sendiri bunga ini disebut Four o’clock plant.




Corak dari bunga pukul empat (sumber: jepretanhape.wordpress.com) 
Bunga pukul empat selain indah, juga mempunyai banyak manfaat bagi manusia.Kandungannya yang berupa betaxanthis, zat asam lemak serta zat asam minyak dapat digunakan sebagai obat pelancar sirkulasi darah dan peluruh air seni (diuretik).Selain itu, bunga yang mempunyai nama binomial ''mirabilis jalapa'' ini bisa meredakan radang amandel, radang tenggorokan, batuk berdarah, kanker, batu ginjal, batu empedu, dan kencing manis.Salah satu di antara manfaatnya yang sangat penting bagi wanita adalah dapat mengatasi keputihan, cukup rebus bunga pukul empat dengan kulit delima kering atau lidah buaya, kemudian minum.Meskipun banyak manfaatnya, wanita hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya dan untuk perebusannya dilarang menggunakan alat-alat yang terbuat dari besi

Klasifikasi Mirabilis jalapa
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Hamamelidae
Ordo: Caryophyllales
Famili: Nyctaginaceae 
Genus: Mirabilis
Spesies: Mirabilis jalapa L.
thumbnail Title : Klasifikasi Bunga Pukul Empat (Mirabilis Jalapa)
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2014-12-01T07:24:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 07.24