Bukti Dari Struktur Kromosom


Bukti Dari Struktur Kromosom - Perbedaan-perbedaan yang memisahkan satu spesies dari lainnya adalah, dalam analisis terakhir, yaitu genetika. Gen-gen dalam kromosom. Lalu jika kita percaya bahwa semua spesies pada suatu saat mempunyai suatu moyang yang sama, dapatkah kita menemukan homologi dalam struktur kromosom seperti yang kita temukan pada struktur kerangka dan srtuktur protein?

sumber: http://image.slidesharecdn.com/

Semakin dekat hubungan dua spesies, berdasarkan kriteria-kriteria seperti organ-organ homolog, semakin mirip kariotipenya. Kariotipe simpanse dan kariotipe orang utan praktis tak dapat dibedakan dan, kecuali jumlah kromosomnya yang 48 berbeda dengan kromosom manusia yang berjumlah 46, sangat mirip dengan kariotipe manusia.

Contoh-contoh yang sama dapat ditemukan pada dunia tumbuhan dan dunia hewan. Yang paling menarik dalam hal ini ditemukan pada insekta yang mempunyai kromosom-kromosom raksasa.

Sering, di laboratorium wakil dari dua spesies lalat buah yang berkerabat dekat dapat dirangsang untuk kawin. Sering di dapatkan keturunan yang dapat hidup, ,meskipun biasanya mandul. Bila kromosom raksasa dari hibrid antarspesies itu diteliti, maka akan diperoleh penjelasan tentang kemandulan hibrid tersebut. Terdapat sejumlah besar daerah kromosom yang tidak cocok, yang terlihat sebagai kromosom ikatan kromosom. Hal ini menyebabkan meiosis yang berhasil, hampir tidak mungkin terjadi. Dengan mengetahui bagaimana tepatnya proses ini berlangsung, kita hanya dapat menyipulkan bahwa spesies yang berbeda ini mempunyai kelompok besar bahan genetik yang identik. 
thumbnail Title : Bukti Dari Struktur Kromosom
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2014-12-06T09:45:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 09.45