Bukti Dari Keserupaan Pelindung


Bukti Dari Keserupaan Pelindung - Mungkin tidak ada bukti evolusi yang lebih dramatik daripada menyebarkan mekanisme industri. Kira-kira 10% dari lebih dari 700 spesies ngenat besar yang terdapat di kepualauan inggris mulai akhir abad yang lalu warnanya menjadi gelap di daerah-daerah industri berat. Perubahan ini disebut melanisme industri. Contoh yang telah dipelajari paling mendalam ialah jenis ngengat putih berbintik hitam. Biston Betularia. Sayap dan badannya, biasanya berwarna cerah dengan bintik-bintik hitam yang tersebar. Dalam tahun 1849, bentuk muatan ngengat tersebut yang berwarna hitamsperti batubara ditemukan di Manchester, Inggris. 

Ngengat atlas (Smber: www.tempo.co)

Kira-kira pada akhir abad akhir kesembilan belas, ngengat yang berwarna hitam menjadi lebih umum dari pada yang berwarna cerah. Pada waktu ini lebih dari 90% ngengat yang terdapat di daerah tersebut adalah hitam. Dengan demikian, Inilah suatu contoh terjadinya perubahan dalam spesies yang berlangsung cukup cepat di alam dilaporkan oleh para penyelidik alam. 

Apa yang menyebabkan perubahan evolusi ini? Biston betularia terbang di malam hari dan istirahat di siang hari di batang pohon di hutan. DI Daerah yang jauh dari aktivitas industri, batang pohon di hutan tertutup oleh sejenis liken. Di daerah polusi udaran yang parah, campuran dari gas yang toksik dan jelaga telah mematikan pertumbuhan likens itu dan menghitamkan cabang dan batang pohon. Dengan latar belakang yang demikian, Ngengat yang berwarna cerah terlihat dengan tajam, Maka di siang hari Biston betularia dimakan oleh burung dengan merenggutnya dari tempat istirahatnya. Di hutan yang tercemar, dapat diamati dengan mudah bahwa ngengat yang berwarna gelap akan mempunyai peluang yang jauh lebih baik dalam pelestariannya karena tersamar dan tak mudah ditemukan oleh pemangsa. Dalam kenyataannya, pada waktu ahli genetika Inggris, H.B.D Kettlewell melepaskan kedua macam ngengat yang diberi tanda di hutan tersebut, ia dapat menangkap kembali berwarna gelap dua kali lebih banyak daripada yang berwarna terang. Pengamatan yang teliti memperlihatkan bahwa burung pemangsa memang memakan ngengat berwarna cerah yang dilepaskan dalam jumlah yang jauh lebih besar daripada ngengat yang berwarna gelap. Maka tidak heran ngengat berwarna gelap lebih dominan di daerah ini,
thumbnail Title : Bukti Dari Keserupaan Pelindung
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2014-12-06T10:52:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 10.52