Struktur Penebalan Dinding Sel


Struktur Penebalan Dinding Sel - Ada tiga struktur penebalan yang akan dibicarakan disini, yaitu struktur krasula, trabekula, dan kutil.

penebalan dinding sel

KRASULA
Krasula adalah penebalan yang berbentuk garis atau setengah lingkaran dari dinding primer dan lamela tengah, yang tampak di antara noktah berhalaman. Krasula sering kali mengelilingi noktah. Krasula berkembang dengan baik pada trakeida Gymnospermae tertentu.

TRABEKULA
Trabekula adalah penebalan yang berbentuk tomgkat dari dinding yang melalui lumen sel secara menjari. Biasanya tampak pada arah menjari dalam elemen kayu.

KUTIL
Kutil adalah struktur yang telah diamati ada permukaan dalam dinding sekunder trakeida Conifer dan dari serabut dan pembuluh berbagai dikotil. Struktur ini mempunyai diamater yang beragam antara 0,1-0,5 mm. Kutil berkembang sesudah atau bersama pertumbuhan, dan terjadi diferensisasi dan lignifikasi dinding sekunder dan berisi sisa protoplas. Menurut Frey Wyssling (1976), kutil berisi sisa prekursor lignin yang dibawa ke permukaan dinding dalam menuju akhir diferensiasi trakeida. Sisa ini disimpan dan mengalami polimerisasi di dalam kutil.
thumbnail Title : Struktur Penebalan Dinding Sel
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2013-10-14T10:39:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 10.39