Organisasi Kehidupan yang Rumit


Organisasi Kehidupan yang Rumit Kalau kita menemukan batu, mungkin kelihatannya juga rumit, dengan bermacam-macam mineral yang berserakan di dalamnya, namun demikian organisasi tersebut sangat sederhana dibandingkan dengan organisme hidup yang manapun, bahkan juga seperti pada Anjing. Jika kita memeriksa setiap bagian dari anjing tersebut, dengan mikroskop, maka kita akan menemukan bahwa bagian-bagian itu terdiri dari sel-sel. Satuan-satuan ini yang umumnya terlampui kecil untuk dapat dilihat dengan mata telanjang, yang akan tersusun menjadi suatu jaringan yang pada gilirannya membentuk organ seperti misalnya hati, jantung, ginjal, dsb. Semua organ yang terdapat dalam suatu makhluk akan bekerja sebagai suatu sistem.

organisasi kehidupan

Para ahli biologi telah menelaah tingkat-tingkat organisasi dari beberapa makhluk hidup dalam beberapa abad. Pada abad terakhir telah dikembangkan alat dan teknik yang baru, seperti dengan ditemukannya mikroskop elektron yang dapat membesar sel sampai 30.000 kali (kemampuan mikroskop biasa 1000 kali), ini suatu hal yang sangat spektakuler dalam ilmu pengetahuan, sehingga dengan mikroskop elektron kita dapat menyingkapkan derajat kerumitan sub seluler serta organisasi dari makhluk hidup tersebut. Dengan alat dan teknik kimia, kini kita dapat mengenal dan membelah-belah struktur seluler yang kita sebagai organel yang menjadi makromolekul, atau molekul yang sederhana yang tersusun dari sejumlah atom atau zarah yang sangat kecil. Disinilah kekuatan pikiran kita mengagumi betapa akan kebesaran TYME.

Salah satu ciri yang paling khas pada organisme hidup di planet kita ini ialah bahwa ciri tersebut dibangun dari mokelul yang mengandung atom karbon. Sesungguhmya ciri ini demikian khasnya pada makhluk hidup, sehingga kimia senyawa-senyawa karbon itu disebut kimia organik. Batuan dapat juga terjadi dari atom-atom karbon, tetapi hanyalah jika proses kehidupan telah memasukkannya ke situ, maka batuan tersebut tidak mengandung molekul-molekul organik. Karena kehidupan yang kita ketahui tidak terwujud tanpa molekul-molekul organik, maka salah satu percobaan yang tergabung ke dalam pendarat viking dirancang untuk menguji adanya molekul-molekul organik dalam suatu sampel tanah mars.


Organisasi atom dan molekul dalam organisme hidup jauh lebih baik dinamik daripada yang terdapat dalam objek mati seperti batuan, Batuan yang ada pada masa kini berisikan atom-atom yang sama seperti pada tahun lalu. Sebaliknya, anjing yang kita sekarang sebagian besar terjadi dari atom-atom bawaan karena kita melihatnya tahun lalu, atom-atom yang hilang dari anjing itu kembali kepada alam sekitarnya. Pengembangan bahan yang cepat ini pada makhluk hidup merupakan bagian dari metabolisme.
thumbnail Title : Organisasi Kehidupan yang Rumit
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2013-10-19T22:40:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 22.40