Pengertian Simbiosis


Pengertian Simbiosis - Simbiosis adalah usaha binatang untuk mempertahankan hidup dengan memanfaatkan binatang lain. Simbiosis dapat terjadi saling menguntungkan, salah satu untung atau merugikan.

terjadinya simbiosis mutualisme
Tidak seperti pemangsa, simbion (hewan yang bersimbiosis) yang hidup dengan saling menguntungkan dengan hewan inang (host) membiarkan hewan lain memperoleh manfaat dari hewan yang menempatinya, sedangkan hewan yang menempati inang memperoleh manfaat karena dapat terlindung dari hewan pemangsa. Hubungan seperti ini biasa disebut sebagai simbiosis komensalisme dan mutualisme ( saling atau salah satu diuntungkan). Sedangkan hubungan yang merugikan salah satu pihak (dengan cara mencuri makanan dari tuan rumahnya) disebut sebagai hubungan parasitisme.

Ikan dilaut yang berwarna-warni dapat hidup bersama saling menguntungkan dengan anemon laut yang menempel di dasar laut. Ikan memperoleh perlindungan dari anemon karena warnanya yang hampir mirip , sedangkan anemon memperoleh makanan dari sisa-sisa makanan ikan yang tercecer dan jatuh ke tentakel-tentakel anemon laut. Demikian juga kelelawar yang memakan nectar bunga kaktus, kelelawar memperoleh nectar dan kaktus dapat menyebarkan pollen (serbuk sarinya) hingga dapat berpindah putik sehingga terjadi penyerbukan. 

Berbeda dengan tipuan yang dilakukan terhadap burung cuckoo, Burung Cuckoo sering tidak mengenali sarang dan anak burung yang ada di sarangnya. Kondisi ini dimanfaatkan oleh burung lain untuk menerima makanan dari cuckoo dan menempati sarangnya yang hangat.
thumbnail Title : Pengertian Simbiosis
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2013-09-28T22:22:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 22.22