Pengertian Polusi Udara


Polusi adalah masuknya suatu zat pada lingkungan tertentu melampaui ambang batas atau berubahnya komposisi penyusun suatu lingkungan karena masuknya suatu zat melampaui ambang batas. Dalam artikel ini akan dibahas tentang Polusi Udara.

  1. Karbondioksida: Karbondioksida yang ada di udara berasal dari respirasi, pembusukan (decomposer), dari asap kendaraan bermotor, dll. Peningkatan karbondioksida di atmosfer dapat menyebabkan efek rumah kaca (green house affect) yaitu bumi diselimuti dengan karbondioksida, yang menyebabkan suhu bumi naik. suhu bumi naik disebabkan gelombang panjang yang dipantulkan oleh bumi ke udara diserap oleh Karbondioksida dan dipantulkan kembali ke bumi, sedangkan gelombang pendek yang dipantulkan bumi ke atmosfir dapat melewati karbon dioksida.
  2. Oksida Belerang (Sulfur): Sumber oksida belerang dari pembakaran bahan bakar dan proses kimia dalam industri. Oksida belerang dapat menyebabkan hujan asam, sehingga dapat merusak bangunan kuno, menganggu pernafasan dan membuat tumbuhan jadi mati.
  3. Oksida Nitrogen: Berasal dari pembakaran bahan bakar dan kendaraan bermotor. Dapat mengakibatkan hujan asam yang mempunyai efek: menghambat fotosintetis tumbuhan, dengan konsentrasi 110 ppm merusak paru-paru, bersifat korosi terhadap benda yang berasal dari logam.
  4. Carbon Monoksida (CO) : Sumbernya pembakaran zat organik secara tidak sempurna. Bersifat racun dan gas yang berbahaya karena lebih mudah diberikan dengan haemoglobin 200 kali daripada haemoglobin mengikat oksigen. COHb (Carboksi Haemoglobin
thumbnail Title : Pengertian Polusi Udara
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2013-04-11T21:42:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 21.42