Pengertian Bioteknologi


Pengertian Bioteknologi - Bioteknologi merupakan cabang ilmu mengenai pemanfaatan suatu makhluk hidup seperti virus, bakteri, fungi, dan lain-lain untuk menghasilkan produk barang dan jasa. Bioteknologi juga dapat diartikan sebagai penggunaan biokimia, mikrobiologi, dan rekayasa kimia secara terpadu untuk memperoleh penerapan teknologi di bidang industri, kesehatan, dan pertanian dari kapasitas mikroba, sel atau jaringan sebagai kultur.

Hasil Bioteknologi
Ada 4 kegiatan utama dalam Ruang Lingkup Bioteknologi :

  1. Kultur jaringan pada sel atau tumbuhan.
  2. Peleburan sel dalam upaya manipulasi genetik.
  3. Rekayasa Genetik.
  4. Teknologi industri dengan menggunakan reaktor bio, di mana mikroba dan enzim menjadi katalis utama.
Industri-industri yang dilayani oleh jasa mikroba.
  1. Sektor industri makanan, meliputi: pengolahan daging, susu menjadi keju dan yoghurt, ikan jadi kecap dan sari ikan, karbohidrat menjadi gula fruktosa, pembuatan tempe, brem,air, anggur, cuka, dll.
  2. Sektor pertanian, mencankup: Produksi pangan, vaksin hewan, pupuk dan kompos organik. Mencari jenis tanaman yang tahan penyakit, tanaman yang mampu memupuk dirinya sendiri dengan perbaikan fiksasi nitrogen, tanaman unggul, biopeptisida, dll
  3. Sektor energi, dari sampah organik dan bahan organik dan bahan karbohidrat dapat diolah menjadi gas bio, gas nitrogen, metanol, etanol, butanol, yang menjadi sumber energi dalam bahan bakar motor, pembangkit listrik, diesel, pemanas ruangan, masak, dll
  4. Sektor farmasi, dalam memproduksi antibiotika, vaksin, enzim, antibodi, hormon, inhibitor, enzim, penawar racun, dll.
  5. Sektor industri bahan baku, bioteknologi dapat menghasilkan bahan baku dalam bentuk sangat murni. Bahan pelarut seperti aseton, butanol, etanol, metanol, asam sitrat, asam laktat, asam asetat, Vitamin B12, riboflavin, bahan baku farfum, dll.
  6. Sektor pertambangan, pengembangan biji logam, yang kandungan logamnya sangat rendah dengan bioteknologi mampu memberikan keuntungan. Contoh bakteri Thiobacillus feroksidan dapat mengestrak logam dan biji tembaga yang berkadar rendah.
thumbnail Title : Pengertian Bioteknologi
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2013-04-14T21:07:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 21.07