Manfaat Sawi Hijau


Manfaat sawi hijau - Sudah pasti anda pasti mengenal nama sayuran ini, dan pastinya juga anda sering memakannya. iya kan? yahh begitulah di Indonesia, Sawi Hijau sering dijadikan bahan sayur-sayuran. Apalagi jika kita memakan mie ayam (pangsit), sawi hijau jadi pelengkap mie ayam yang kita beli itu.
sawi hijau


Sawi, sayuran yang memiliki nama latin Brassica Juncea ini termasuk ke dalam family curciferae merupakan tanaman semusim yang berdaun lonjong, halus dan tidak berbulu. Batang tanaman sawi pendek dan langsing. sebenarnya memiliki famili atau spesies yang banyak tapi yang kita sering kenal Sawi hijau dan sawi putih, keduanya memiliki banyak manfaat, tapi yang kita bahas disini adalah manfaat sawi hijau.

Sawi ternyata mampu membantu mencegah osteoporosis karena kandungan vitamin K dalam sawi dapat mengatur protein tulang dan kalsium di dalam tulang. Kandungan kalsium pada sawi juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan mencegah diabetes mellitus. Sawi juga mengandung niasin yang berfungsi memperkecil proses aterosklerosis dan akhirnya menurunkan kemungkinan terjadinya serangan jantung. Sawi juga dapat menjaga kornea mata agar selalu sehat dengan adanya vitamin A membuat sel epitel akan mengeluarkan keratin, yaitu protein yang tidak larut dalam air.

Manfaat lainnya yaitu:    


  1. Mencegah penyakit: Sawi hijau sama seperti bayam adalah gudangnya fitonutrien. Fitonutrien dikenal berkhasiat bagi kesehatan dan pencegahan penyakit. 
  2. Mengendalikan kolesterol dan mengurangi berat badan: Hal ini dikarenakan sawi hijau sangat rendah kalori (26 kkal per 100 g daun mentah) dan lemak, namun kaya serat. 
  3. Membantu mengatasi wasir, sembelit, serta penyakit kanker usus besar: Bermasalah dengan pencernaan? Konsumsi sawi hijau adalah pilihan tepat karena daunnya yang hijau gelap sangat kaya serat. 
  4. Membantu melawan kanker prostat, kanker usus, kanker payudara, dan kanker ovarium: Sawi hijau merupakan sumber yang kaya antioksidan flavonoid, indoles, sulforaphane, karoten, lutein dan zeaxanthin. Indoles, terutama di-indolyl-metana (DIM) dan sulforaphane memiliki manfaat nyata dalam menghambat pertumbuhan sel kanker. 
  5. Melawan radikal bebas dan infeksi virus: Daun sawi segar adalah sumber vitamin C dimana menyediakan 70 mcg atau sekitar 117% dari AKG per 100 g. Vitamin C (asam askorbat) adalah antioksidan alami yang kuat.



Begitulah manfaat dari Sawi hijau, Jadi mulai sekarang jangan ragu untuk memakan sayuran ini :D


thumbnail Title : Manfaat Sawi Hijau
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2013-02-19T08:23:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 08.23