Tulang Rawan Kompak


Setelah saya sempat memposting tentang Laporan Praktikum Struktur Hewan: Jaringan Ikat, kali ini saya akan menuliskan Pembahasan dari pada yang dipraktekkan pada Jaringan Ikat.

Tulang rawan Kompak


  • Jaringan Tulang Kompak (Compact Bone) merupakan tulang dengan matriks yang padat dan rapat yang memiliki sedikit rongga dan lebih banyak mengandung kapur.
  • Fungsi jaringan tulang rawan kompak berfungsi pada resorbsi , pembentukan kembali jaringan tulang, sebagai gudang penimbunan kalsium , dan kecepatan erasi.
  • Letak tulang kompak terletak di dove ground (Tulang Belakang) dan semua system saraf.
  • Bagian-bagiannya yaitu:

  1. Sistem Havers,  merupakan pengelompokan lapisan tulang konsentris, dengan saluran pusatnya terdiri dari golongan-golongan endapan tulang sekeliling saluran pembuluh sentral.
  2. Lamella Sirkumferensial adalah lapisan-lapisan yang ditambahkan peiusteum yang sesuai dengan bentuk dan luas tulangnya disepanjang luar permukaan tulang.
  3. Sistem Havers II merupakan saluran terisi penuh lamella yang mengandung pembuluh darah, urat saraf, dan jaringan penyambung (connetive tissue).
  4. Lamella Intutisial, terdapat diantara system havers yang silindris sebagai sisa-sisa system lama dengan bentuk baru yang sebagian telah dibuang melalui proses reabsorbsi.
  5. Lakuna, adalah sel-sel yang membentuk dan memelihara matriks terperangkap dalam kulit keras matriks atau kondrosit yang terletak dalam rongga matriks.
  6. Osteosit adalah sel pembentuk matriks yang luar biasa aktif yang lambat laun mengurung diri sendiri dalam suatu lacuna.
  7. Saluran Volkman, merupakan penghubung antara satu system havers dengan havers lama.

thumbnail Title : Tulang Rawan Kompak
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2013-01-30T19:45:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 19.45