Adaptasi Morfologi dan Adaptasi Fisiologi


Adaptasi Morfologi dan Adaptasi Fisiologi - Adaptasi morfologi adalah penyesuaian struktur alat tubuh luar terhadap lingkungan tempat hidupnya. Kerjakan kegiatan Lab Mini 4.1 untuk mengawali topik ini. Adaptasi ini paling mudah diamati dan dikenali karena tampak dari luar.Bentuk luar (morfologi) tumbuhan kaktus sesuai dengan keadaan di mana tumbuhan itu hidup (di daerah kering/tropofit), yaitu batang tebal berdaging untuk menyimpan air, daun bentuk duri untuk menghambat penguapan dan akar yang memanjang untuk mencari air yang jauh di dalam tanah.

Adaptasi Morfologi dan Adaptasi Fisiologi


Banyak bagian tubuh hewan juga sesuai dengan kegunaannya. Warna bulu burung puyuh yang sama dengan ilalang dan warna sisik ular yang mirip dengan tanah lingkungannya, membuat hewan tersebut tersamar dan lolos dari predatornya.

Adaptasi Fisiologi (proses tubuh)


Adaptasi ini melibatkan zat-zat kimia yang membantu

berlangsungnya proses-proses dalam tubuh. Adaptasi ini
berlangsung di dalam tubuh makhluk hidup sehingga sulit diamati dari luar. Contoh adaptasi fisiologi, adalah saat kita mengeluarkan keringat ketika kepanasan.

Dengan keluarnya keringat, tubuh akan dingin karena panas tubuh diambil untuk menguapkan keringat di permukaan tubuhkita.

Adaptasi fisiologi dapat ditemukan pada hewan herbivora dapat mencerna rumput atau
daun yang banyak mengandung selulosa karena di dalam tubuh herbivora terdapat enzim selulose.

Tumbuhan jati menggugurkan daunnya di musim kemarau. Hal ini bertujuan untuk mengurangi penguapan. Ikan air tawar hidup di lingkungan yang mempunyai tekanan osmotik lebih rendah dari lingkungannya. Air dari lingkungan masuk ke tubuh ikan secara osmosis. Akibatnya ikan air tawar sedikit minum dan banyak mengeluarkan urin. Sebaliknya ikan air laut yang hidupnya pada lingkungan berkadar garam tinggi, ikan air laut akan kehilangan air secara osmosis. Untuk mengganti cairan tubuh yang hilang ia banyak minum dan sedikit mengeluarkan urine.
thumbnail Title : Adaptasi Morfologi dan Adaptasi Fisiologi
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2016-09-30T23:09:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 23.09