Pengertian dan Ciri-ciri Arachnida


Pengertian dan Ciri-ciri Arachnida - Arachnida adalah kelas hewan invertebrata Arthropoda dalam subfilum Chelicerata. Arachnoidea / Arachnida diambil dari kata yunani, yaitu Arachne = Laba-laba. Contoh dari Kelas Arachnoidea / Arachnida adalah kalajengking, laba-laba, caplak dan lainnya. 

Laba-Laba

Arachnida tubuh terdiri dari bagian kepala-dada yang menyatu (sefalotorak) dan perut (abdomen) yang bulat. Kepala kecil, tanpa antena, terdapat beberapa mata tunggal (oceli). Habitatnya di darat, bernapas dengan paru-paru buku. Mempunyai kaki empat pasang yang terdapat pada sefalotorak. Pada sefalotorak terdapat alat tambahan berupa sepasang kelisera yang beracun dan sepasang palpus.

Pada ujung posterior abdomen, sebelah ventral anus terdapat sutera dan bermuara pada alat serupa pembuluh yang disebut spinneret. Makanannya berupa cairan tubuh hewan lain dan diisap melalui mulut dan esofagus. Jenis kelamin terpisah, fertilisasinya terjadi secara internal. Telur yang telah dibuahi diletakkan dalam kokon-kokon sutera yang dibawa ke mana-mana oleh hewan betina.
Contoh: kalajengking, laba-laba.
thumbnail Title : Pengertian dan Ciri-ciri Arachnida
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2016-06-18T07:30:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 07.30