Klasifikasi Jeruk Bali (Citrus maxima)


Klasifikasi Jeruk Bali (Citrus maxima) - Jeruk Bali atau Pomelo (Nama yang disarankan oleh kementrian pertanian karena tidak ada hubungannya dengan daerah Bali) merupakan salah satu tanaman budidaya yang termasuk ke dalam suku Rutaceae (jeruk-jerukan). Jeruk bali berasal dari Cina tetapi ada sebagaian besar yang mengatakan bahwa tanaman ini adalah asli Indonesia. Populasi tanaman jeruk bali di Indonesia tersebar secara luas di seluruh pelosok nusantara, khususnya di daerah  Jawa Timur dan Bali. Jeruk dapat tumbuh di sembarang tempat. Namun, tanaman  ini akan memberikan hasil optimum bila ditanam di lokasi yang sesuai.  Ketinggian tempat yang sesuai untuk tanaman ini yaitu dataran rendah sampai 700 m di atas permukaan laut. Sedangkan yang ditanam di atas ketinggian tersebut  rasa buahnya lebih asam.
isi dalam buah jeruk bali

Buah jeruk bali


Citrus maxima adalah tumbuhan menahun (perennial) dengan karakteristik tinggi pohon 5-15 meter. Batang tanaman agak kuat, garis tengah 10-30 meter, berkulit agak tebal, kulit bagian luar berwarna coklat kekuningan, bagian dalam berwarna kuning. Pohon jeruk mempunyai banyak cabang yang terletak saling berjauhan dan merunduk pada bagian ujungnya. Cabang yang masih muda bersudut dan berwarna hijau, namun lama-lama menjadi berbentuk bulat dan berwarna hijau tua. Tajuk pohon agak rendah dan tidak teratur.

Kandungan kimia dari kulit buah jeruk bali adalah D-Limonen lebih dari  50% dari minyak atsirinya, terdapat pula 5% campuran sitral, sitronelal dan metil  ester dari asam antranilat

Klasifikasi Jeruk Bali (Citrus maxima)
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Sapindales
Famili: Rutaceae (suku jeruk-jerukan)
Genus: Citrus
Spesies: Citrus maxima (Burm.) Merr.
thumbnail Title : Klasifikasi Jeruk Bali (Citrus maxima)
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2016-03-27T09:00:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 09.00