Klasifikasi Tembakau


Klasifikasi Tembakau - Tembakau merupakan tumbuhan divisi Spermathophyta yang tumbuh musiman. Tembakau merupakan salah satu komoditas tanaman perkebunan yang digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan rokok kretek. Tanaman ini berasal dari daratan Amerika dan mulai masuk ke Indonesia sejak abad 17, dibawa oleh para penjajah Portugis. Tanaman tembakau tumbuh subur di beberapa daerah di Indonesia, dan Pulau Jawa adalah sentra produksi tembakau terbesar nasional. Kali ini BiologiOnline.Info akan memberikan informasi singkat tentang tumbuhan ini disertai dengan klasifikasinya, mari kita simak.
Daun Tembakau

Beberapa Spesies Tembakau


Tanaman tembakau dapat tumbuh di dataran tinggi maupun dataran rendah. Tembakau yang ditanam pada ketinggian 1000-1500 m dpl, pH 5,5-6,5 daunnya akan besar, tebal, dan kuat. Sedangkan tembakau yang ditanam di dataran rendah daunnya besar, tipis dan elastis. Tembakau yang tipis cenderung mempunyai kandungan nikotin yang rendah

Menurut Tjitrosoepomo, tanaman tembakau berupa semak, tegak, sedikit bercabang dan mempunyai tinggi 0,5-2,5 meter. Daun tunggal, bertangkaipendek, memanjang, atau berbentuk lanset, dengan pangkal yang menyempit, sebagian memeluk batang dan ujung runcing. Kelopak bunga berbantuk tabung, yang memanjang tidak sama. Tabung bunga jantan 4 cm panjangnya dan berbentuk bintang,bertaju 5, taju runcing. Benang sari bebas, yang sebuah lebih pendek dari yang lainnya. Buah bentuk telur memanjang, akhirnya coklat, dimahkotai oleh pangkal tangkai putih yang pendek, beruang-ruang.

Manfaat Tembakau
Dalam dunia pertanian tanaman tembakau tergolong tanaman perkebunan, tetapi bukan merupakan kelompok tanaman pangan (Cahyono, 1998). Selanjutya dijelaskan bahwa tembakau dimanfaatkan daunnya sebagai bahan pembuatan rokok. Selain digunakan untuk bahan baku rokok, tembakau juga dimanfaatkan orang sebagai kunyahan, terutama untuk kalangan ibu-ibu di pedesaan. Untuk tembakau cerutu, tembakau yang digunakan dari jenis tembakau cerutu, seperti tembakau deli, tembakau besuki dan tembakau vorstenland. Beberapa macam alkoloida dalam daun tembakau yang memberikan rasa nikmat pemakainya adalah nikotin, nikotirin, anabasin dan myosmin. 

Fakta Unik Seputar Tembakau
Meski dikenal sebagai produk pertanian yang menyebabkan banyak kerugian terutama bila dikaitkan dengan indutri rokok dan kesehatan, namun tak banyak yang tahu jika tanaman bernama latin Nicotiana tabacum ini ternyata memiliki banyak fakta unik yang tersembunyi dan menarik untuk diketahui. Berikut fakta unik tentang tembakau untuk Anda ketahui.
  1. Menanam tembakau secara ekonomis akan lebih menguntungkan hingga 3x lipat dibanding dengan menanam padi dengan luasan areal yang sama. 
  2. Tembakau bisa digunakan sebagai vaksin anti kanker, obat sakit perut, serta sebagai obat sakit kencing manis.
  3. Tembakau dapat digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan pestisida nabati untuk beberapa jenis hama yang menyerang tanaman hortikultura.
  4. Tembakau digunakan sebagai bahan baku dalam alat pendeteksi ranjau di dalam tanah (landmines). Ia digunakan saat perang Vietnam di abad ke 19 silam.
  5. Daun tembakau dapat mengobati gigitan serangga, ular, lintah, dan hewan yang mengeluarkan bisa lainnya.
  6. Industri tembakau atau rokok telah mencapai titik tertinggi dalam sejarah, diketahui pada 2014 sudah ada sekitar 5,8 triliun batang rokok yang sudah dibakar dan dihisap.
  7. Setengah dari seluruh jumlah penghisap tembakau telah terbunuh, karena daya racun dari tanaman ini membuat sel kanker paru-paru tumbuh dengan subur serta memicu masalah kesehatan lainnya.
  8. Industri tembakau menghabiskan puluhan triliun rupiah setiap tahunnya untuk kegiatan promosi. Berdasarkan perhitungan yang pernah dilakukan, ketika Anda menghabiskan waktu 5 menit untuk membaca artikel ini, maka industri tembakau seluruh dunia telah menghabiskan sekitar Rp. 780 juta untuk mempromosikan produknya.
Klasifikasi Tembakau
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Asteridae
Ordo: Solanales
Famili: Solanaceae (suku terung-terungan)
 Genus: Nicotiana
Spesies: Nicotiana tabacum L.
thumbnail Title : Klasifikasi Tembakau
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2016-01-17T09:02:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 09.02