Klasifikasi Kucing


Klasifikasi Kucing - Salah satu hewan rumah yang akan kita bahas disini adalah Kucing. Kucing merupakan hewan domestik atau hewan rumahan, yang merupakan satu family dengan Harimau. Nama latinnya Felis silvestris. Dalam blog ini kita hanya akan membahas deskripsi singkat dari kucing beserta klasifikasinya.

Kucing yang sedang marah

Kucing

Kucing biasa disbut hewan karnivora atau hewan pemakan daging, namun dalam keseharian kita biasanya kucing juga sesekali memakan tumbuhan, walaupun sebenarnya sang kucing sangat menyukai tulang ikan. Menurut Wikipedia, kucing telah berbaur dengan kehidupan manusia paling tidak sejak 6.000 tahun SM, dari kerangka kucing di Pulau Siprus. Orang Mesir Kuno dari 3.500 SM telah menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus atau hewan pengerat lain dari lumbung yang menyimpan hasil panen, dan merupakan hewan peliharaan paling populer di dunia.

Kucing memiliki otot yang kuat untuk membantunya dalam melompat dan berlari.Kucing juga memiliki mata yang dapat menyala saat terkena cahaya pada malam hari. Kucing bergigi taring tajam karena pemakan daging. Kucing memiliki cakar yang tajam dan kuat untuk menangkap dan membunuh mangsanya. Kucing memiliki alat keseimbangan yang terdapat didalam daun telinganya, sehingga jika jatuh dari ketinggian kucing tetap dapat mendarat dengan cara berdiri.

Salah satu ciri khas dari kucing adalah bisanya hewan ini untuk mengeluarkan suara dengkuran. Suara dengkuran pada kucing menandakan bahwa si kucing ingin di manja oleh tuannya. Menurut Wikipedia Gelombang Hertz pada dengkuran kucing berkisar antara 25 hingga 150. Pada batas lebih rendah, dengkuran kucing memiliki kecepatan getaran yang sama dengan mesin diesel yang sedang menyala. Dengkuran kucing juga dipercayai dapat mengurangi rasa stres dan mengurangi depresi. Dengkuran biasanya merupakan tanda kepuasan hati pada kucing, namun ada beberapa penyebab lain jika kucing mendengkur. Penyebab lain kucing mendengkur ketika dia akan mati dan sakit, agar dapat membuatnya menjadi nyaman dan mengurangi stres. Selain itu, kucing akan mendengkur ketika akan melahirkan dan anaknya akan mendengkur ketika sedang menyusui.

Seperti halnya hewan yang telah mengalami domestikasi (penjinakan), kucing hidup dalam hubungan mutualistik dengan manusia. Tapi sejarah mutualisme ini jauh lebih pendek dibandingkan dengan hewan domestikasi yang lain dan tingkat domestikasi kucing juga masih diperdebatkan. Karena keuntungan yang diperoleh dari adanya kucing, maka manusia membiarkan kucing liar berkeliaran di pemukiman. Nenek moyang kucing rumahan tidak terlalu dekat dengan pemiliknya, berbeda dengan hewan domestik yang lain. Sejarah inilah yang mungkin menyebabkan tidak adanya ikatan yang kuat yang dimiliki kucing pada pemiliknya. Akibatnya, kebanyakan pemilik kucing menganggap kucing adalah hewan yang tidak terlalu peduli dan mandiri. Namun, kucing dapat sangat dekat dengan pemiliknya, terutama jika ia dibesarkan sejak kecil dan sering mendapatkan perhatian.


Klasifikasi Kucing (Felis silvestris)
Kerajaan       : Animalia
Filum            : Chordata
Kelas             : Mamalia
Ordo            : Karnivora
Famili           : Felidae
Genus           : Felis
Spesies         : F. silvestris




thumbnail Title : Klasifikasi Kucing
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2016-01-22T09:11:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 09.11