Pengertian Diferensiasi


Pengertian Diferensiasi - Diferensiasi adalah proses yang menyebabkan sekumpulan sel jadi berbeda-beda dalam struktur, fungsi, dan perilaku. Diferensiasi berlangsung waktu embrio. Berkat diferensiasi suatu individu bentuk definitip jadi terdiri atas berbagai macam jaringan. jaringan adalah sekumpulan sel yang memiliki bentuk, struktur dan fungsi serta perilaku sama. Jaringan berasosiasi membentuk alat, dan alat berasosiasi pula membentuk sistem. Sistem berhimpun membina tubuh suatu organisme.

Diferensiasi Sel

Diferensiasi mutlak perlu bagi makhluk multiseluler kompleks. Dengan diferensiasi itu terjadi pembagian pekerjaan atau aktivitas tubuh sehingga jadi efektif.

Sebenarnya pada seluruh makhluk ada diferensiasi, bahkan pada makhluk uniseluler. Seperti Amoeba, adalam selnya sudah ada pembagian tugas dan sudah ada memiliki organel. Contoh organel pada amoeba adalah seperti pada vakuola makanan untuk tugas mencerna makanan, vakuola berdenyut untuk tugas membuang ampas metabolisme atau osmoregulator, pseudopodia untuk pergerakan pindah, dan inti untuk kontrol aktivitas sel.

Sel induk bersifat totipoten atau pluripoten. Artinya memiliki sel-sel anak potensi yang lengkap dan banyak untuk bermitosis terus dan berdiferensiasi ke segala arah untuk aktivitas kehidupan. Dengan diferensiasi potensi sel anak menciut dan khas untuk suatu aktivitas khusus, disebut unipoten. Artinya potensi sel itu hanya tungga: untuk bernafas atau untuk mencerna, sekresi zat A, pergerakan dan sebagainya.
thumbnail Title : Pengertian Diferensiasi
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-12-21T09:06:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 09.06