Kelas Ascolichenes


Kelas Ascolichenes - Jika cendawan yang menyusunnya tergolong dalam Pyrenomycetales, maka tubuh buah yang dihasilkan berupa peritesium, misalnya Dermatocarpon dan Verrucaria. Jika cendawan penyusunnya tergolong dalam Discomycetales, Lichenes membentuk tubuh buah yang berupa apotesium. Berlainan dengan Discomycetales yang hidup bebas, yang apotesiumnya hanya berumur pendek, apotesium pada lichenes ini berumur panjang, bersifat seperti tulang rawan dan mempunya askus yang berdinding tebal. Dalam golongan ini termasuk usnea (rasuk angin) yang berbentuk semnakkecil dan banyak terdapat pada pohon-pohonan dalam hutan, lebih-lebih di daerah pegunungan.


Sebagai contoh disebut usnea barbata dan usnea dasypoga, yang dikalangan rakyat Indonesia dianggap mempunyai khasiat obat, merupakan salah satu ramuan dalam pembuatan jamu-jamu tradisional. Usnea menghasilkan suatu antibiotika asam usnin, yang berguna untuk melawantubercolosis.

Selanjutnya Roccella tinctoria, untuk pembuatan lakmus, Cladonia rangiferina, banyak terdapat di daerah tundra disekitar kutub utara dan merupakan makanan utama bagi rusa kutub; Cetraria islandica, banyak terdapat di daerah pegunungan, di Eropa, mempunyai khasiat obat. 

Yang berupa lembaran-lembaran seperti kulit yang hidup pada pohon-pohon dan batu-batu antara lain Parmelia acetubulum, dan Labaria pulmonaria.
thumbnail Title : Kelas Ascolichenes
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-12-19T08:23:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 08.23