Pengertian dan Karakteristik Bioma Tundra


Pengertian dan Karakteristik Bioma tundra - Bioma tundra terdapat di belahan bumi sebelah utara di dalam lingkaran kutub utara dan terdapat di puncak-puncak gunung tinggi. Di kutub utara, bioma ini terletak di sekitar lingkar Artik, Greenland. Sedangkan, di kutub selatan, hutan jenis ini dapat ditemukan di daerah Antartika dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Berdasarkan pembagian iklim, bioma tundra terdapat di daerah beriklim es abadi (EF) dan iklim Tundra (ET). Contoh tumbuhan yang dominan adalah sphagnum, liken, tumbuhan biji semusim, tumbuhan kayu yang pendek, dan rumput. Pada umumnya, tumbuhannya mampu beradaptasi dengan keadaan yang dingin.

Bioma Tundra

Dari pengertian bioma tundra itu sendiri, adalah suatu area dimana pertumbuhan pohon terhambat dengan rendahnya suhu lingkungan sekitar karena itu disebut daerah tanpa pohon. Terdapat di wilayah bumi sebelah utara dan terdapat dipuncak gunung yang tinggi. Iklim kutub dengan musim dingin yang panjang serta gelap dan musim panas yang panjang dan terang terus menerus serta memiliki curah hujan yang rendah.

Hewan yang hidup di daerah ini ada yang menetap dan ada yang datang pada musim panas, semuanya berdarah panas. Hewan yang menetap memiliki rambut atau bulu yang tebal, contohnya muscox, rusa kutub, beruang kutub, dan insekta terutama nyamuk dan lalat hitam.

Karakteristik tundra adalah sebagai berikut:

  1. Wilayah ini memiliki iklim yang sangat dingin. 
  2. Ada keragaman yang sangat rendah.
  3. Struktur vegetasi sederhana.
  4. Musim pertumbuhan dan reproduksi pendek.
  5. Drainase di sini terbatas.
  6. Nutrisi dan energi di sini adalah dalam bentuk bahan mati dan organik.

Iklim Tundra
  1. Daerah dengan iklim tundra berada antara lintang 60-75 derajat; itu hadir di sepanjang pantai Samudra Arktik.
  2. Daerah tundra memiliki musim dingin yang keras dan musim panas yang dingin.
  3. Selama musim panas, salju dan es mencair membentuk rawa-rawa basah.
  4. Suhu di sini selama musim dingin yang keras, biasanya antara -18 sampai -50 derajat F dan suhu musim panas adalah sekitar 30 – 50 derajat F.
  5. Daerah ini tidak menerima sinar matahari langsung; mereka menerima sinar matahari tidak langsung yang memberikan cahaya tetapi tidak panas.
  6. Tundra menerima sinar matahari tidak langsung bahkan selama musim panas dan jarang suhu mencapai di atas 50 F.
  7. Ada curah hujan yang rendah terlihat di wilayah tundra. Wilayah ini menerima antara 5-15 inci dari curah hujan setiap tahun biasanya di musim panas.
  8. Penguapan rendah karena suhu rendah.
  9. Tanah yang mengandung lapisan es tidak membantu dalam pertumbuhan setiap pohon di wilayah tersebut.
  10. Iklim di sini memfasilitasi pertumbuhan berbagai jenis lumut dan ganggang. Beberapa rumput dan semak pendek juga terlihat.
thumbnail Title : Pengertian dan Karakteristik Bioma Tundra
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-10-04T17:29:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 17.29