Pengertian dan Fungsi Karbohidrat


Pengertian dan Fungsi Karbohidrat - Makanan pokok sebagian besar penduduk Indonesia berupa nasi, namun ada sebagian penduduk Indonesia yang makanan pokoknya adalah sagu. Tahukah Anda mengapa nasi dan sagu digunakan sebagai makanan pokok? Alasan utamanya adalah karena makanan tersebut banyak mengandung karbohidrat sehingga dapat menghasilkan kalori atau energi.

sumber karbohidrat

Selain pada nasi dan sagu, kandungan karbohidrat banyak dijumpai pada kentang, gandum, jagung, singkong, dan lain-lain. Dari semua contoh yang disebutkan itu dapat diketahui bahwa karbohidrat hanya dapat diperoleh dari tumbuhan. Karbohidrat tersimpan dalam tubuh tumbuhan dan merupakan hasil sintesis senyawa anorganik yang mengandung unsurunsur C, H, dan O menjadi senyawa organik.

Fungsi karbohidrat yang utama sudah dijelaskan sebelumnya, yaitu sebagai penghasil energi. Namun, selain itu karbohidrat juga berfungsi, antara lain:

  • sebagai pembentuk struktur sel, jaringan, dan anggota tubuh. Di dalam sel, terutama bagian gen yang berada di dalam inti sel tersusun dari karbohidrat yang beratom C lima;
  • dapat menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh;
  • berperan dalam pembentukan protein dan lemak;
  • berperan dalam proses metabolisme tubuh;
  • selusose dapat mencegah sembelit (susah buang air besar);
  • laktosa dapat membantu penyerapan unsur kalsium dari makanan.


Karbohidrat dibagi menjadi 3 macam berdasarkan jumlah gugus gula yang menyusunnya.
Karbohidrat disimpan di dalam tubuh dalam dua bentuk, yaitu tersimpan dalam otot dan hati berupa glikogen dan tersimpan dalam darah berupa glukosa. Untuk menjadi dua bentukan seperti itu, karbohidrat melalui serangkaian proses metabolisme dalam tubuh
thumbnail Title : Pengertian dan Fungsi Karbohidrat
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-10-28T22:01:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 22.01