Mengapa biologi konservasi dibutuhkan?


Mengapa biologi konservasi dibutuhkan? - Biologi konservasi muncul pada tahun 1980-an karena disiplin ilmu terapan yang bersifat tradisional mengenai pengelolaan sumber daya, termasuk kehutanan, pertanian, biologi perikanan, dan pengelolaan satwa liar, tidak cukup komrehensif untuk mengatasi ancaman utama terhadap keanekaragaman hayati. Biologi konservasi melengkapi disiplin ilmu terapan dan memberikan pendekatan teori yang lebih umum, demi melindungi seluruh aspek keanekaragaman hayati. Bagaimanapun, biologi konservasi berbeda dengan disiplin ilmu terapan karena lebih memberi penekanan pada pemeliharaan jangka panjang bagi seluruh komunitas biologi, dan sekaligus penekanan bagi keberlanjutan ekonomi.

Biologi Konservasi

Biologi Konservasi merupakan sintesa dari banyak ilmu-ilmu dasar (Antropologi, biogeografi, ekologi, ilmu lingkungan, biologi evolusi, genetika, biologi populasi, sosiologi, taksonomi dan ilmu biologi, fisika dan sosial lain) yang memberikan prinsip-prinsip dan pendekatan baru untuk bidang aplikasi pengelolaan sumber daya (pertanian, pengembangan masyarakat, pengelolaan perikanan, kehutanan, tata ruang, penangkaran, pengelolaan populasi, pembangunan berkelanjutan, pengelolaan satwa liar dan aktivitas pengelolaan sumber daya lainnya).


Dalam banyak hal, biologi konservasi merupakan disiplin untuk menghadapi keadaan darurat (crises dicipline). Keputusan mengenai rancangan taman nasional, pengelolaan spesies, serta aspek-aspek konservasi lainnya dibuat dalam tekanan waktu yang luar biasa dari hari ke hari. Ahli biologi konservasi dan ilmuwan dari bidang terkait seharusnya berada dalam posisi-posisi yang tepat untuk memberikan saran-saran yang diperlukan oleh para pihak (pemerintah, pengusaha, dan masyarakat umum) dalam membuat keputusan-keputusan yang penting dan mendasar. Namun, karena masalh waktu, para ahli tersebut seringkali terpaksa membuat keputusan tanpa didahului penelitian yang menyeluruh.

Pada akhirnya, biologi konservasi harus dinilai berdasarkan kemampuannya untuk melindungi keanekaragaman hayati. Ketika ahli biologi konservasi dapat dengan yakin menyatakan suatu spesies dan komunitas biologi telah dilindungi dan dipulihkan dengan sukses sesuia metode lintas disiplin merekea dan bukan hanya metode dari bidang disiplin ilmu asalnya barulah biologi konservasi dikatakan sukses.


thumbnail Title : Mengapa biologi konservasi dibutuhkan?
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-09-19T18:59:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 18.59