Klasifikasi Llidah Buaya (Aloe Vera)


Klasifikasi Llidah Buaya (Aloe Vera) - Tanaman Lidah buaya merupakan tanaman semak yang rendah, dan sangat mudah menemukan tanaman ini karena kebanyakan orang banyak yang menanam untuk keperluan obat dapat juga sebagai obat kecantikan bagi kaum hawa.Lidah buaya memiliki nama latin Aloe vera. Tanaman ini sangat menyukai daerah kering makanya sangat mudah kita temui di daerah Afrika.

Tanaman Lidah Buaya

Serat pad lidah buaya yang banyak manfaatnya

Liday Buaya Ciri-cirinya biasa hidup di tempat yang memiliki suhu panas atau baiasa di tanam di dalam pot ataupun di pekarang rumah untuk dijadikan tanaman hias. Daunnya agak runcing berupa taji, tidak tipis, getas, pinggirnya bergerigi/ berduri kecil, permukaannya berbintik-bintik, panjangnya mencapai 15-36 cm, lebar 2-6 cm, bunga bertangkai yang panjangnya mencapai 60-90 cm, bunga berwarna kuning kemerahan ( jingga ), Banyak di Afrika sisi Utara, Hindia Barat.

Kemudian, lidah Buaya diklasifikasikan dalam divisi Magnoliophyta atau tumbuhan berbunga. Lidah buaya memiliki bunga berwarna kuning yang berbentuk seperti terompet kecil atau tabung dengan panjang sekitar 2-3 cm. Yang terakhir, lidah buaya merupakan jenis tumbuhan Spermathopyta atau menghasilkan biji dan Tracheobionta, tumbuhan berpembuluh.

Terkait jumlah varietas lidah buaya, masih terdapat simpang siur di berbagai kalangan. Seorang pengamat makanan dan kesehatan bernama Dr. Freddy Wilmana MFPM, Sp.FK terdapat 200 varian lidah buaya yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Angka ini cukup rendah jika dibandingkan pendapat ahli lainnya yang berpendapat bahwa sampai saat ini terdapat 350 lidah buaya yang telah ditemukan. Namun, lebih lanjut, menurut Dowling hanya terdapat 3 jenis lidah buaya yang populer dibudidayakan secara komersil yakni: 

  • Curacao aloe atau Aloe barbadensis Miller
  • Cape aloe atau Aloe ferox Miller
  • Socotrine aloe, salah satuvarian dari jenis ini yang cukup populer adalah Aloe Perryi Baker.

Kandungan Lidah Buaya

Cairan lidah buaya mengandung unsur utama, yaitu  aloin, emodin, gum dan unsur lain seperti minyak atsiri.  Senyawa-senyawa gula juga terdapat pada lidah buaya dalam bentuk mannosa, glukosa, serta sejumlah kecil silosa, arabinosa, galaktosa, ramnosa  serta enzim-enzim oksidase

KLASIFIKASI LIDAH BUAYA
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Ordo: Asparagales
Famili: Asphodelaceae 
Genus: Aloe
Spesies: Aloe vera L.
thumbnail Title : Klasifikasi Llidah Buaya (Aloe Vera)
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-09-04T09:40:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 09.40