Sifat-sifat Penyakit Infeksi


Sifat-sifat Penyakit Infeksi - Penyakit infeksi merupakan penyakit yang dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain, baik secara langsung mupun melalui perantara. Sebagai agen penyebab penyakit, mikroba patogen memiliki sifat–sifat khusus yang sangat berbeda dengan agen penyebab penyakit lainnya.8 Sebagai makhluk hidup, mikroba patogen memiliki ciri–ciri kehidupan, yaitu :

Ilustrasi


  1. Mempertahankan kelangsungan hidupnya dengan cara berkembang biak.
  2. Memerlukan tempat tinggal yang cocok bagi kelangsungan hidupnya.
  3. Bergerak dan berpindah tempat.


Ciri–ciri kehidupan mikroba patogen tersebut di atas, merupakan sifat–sifat spesifik mikroba patogen dalam upaya mempertahankan hidupnya. Cara menyerang/invasi ke pejamu/ manusia melalui tahapan sebagai berikut.:

  1. Sebelum pindah ke pejamu (calon penderita), mikroba patogen hidup dan berkembang biak pada reservoir (orang/penderita, hewan, benda–benda lain).
  2. Untuk mencapai pejamu (calon penderita), diperlukan adanya mekanisme penyebaran.
  3. Untuk masuk ke tubuh pejamu (calon penderita), mikroba patogen memerlukan pintu masuk (port d’entrée) seperti kulit/mukosa yang terluka, hidung, rongga mulut, dan sebagainya.Adanya tenggang waktu saat masuknya mikroba patogen melalui port d’entrée sampai timbulnya manifestasi klinis, untuk masing –masing mikroba patogen berbeda–beda.
  4. Pada prinsipnya semua organ tubuh pejamu dapat terserang oleh mikroba patogen, namun berbeda mikroba patogen secara selektif hanya menyerang organ–organ tubuh tertentu dari pejamu/target organ.
  5. Besarnya kemampuan merusak dan menimbulkan manifestasi klinis dari mikroba patogen terhadap pejamu dapat dinilai dari beberapa faktor berikut.



  • Infeksivitas

Besarnya kemampuan mikroba patogen melakukan invasi, berkembang biak dan menyesuaikan diri, serta bertempat tinggal pada jaringan tubuh pejamu.

  • Patogenitas

Derajat respons/reaksi pejamu untuk menjadi sakit.

  • Virulensi

Besarnya kemampuan merusak mirkoba patogen terhadap jaringan pejamu.

  • Toksigenitas

Besarnya kemampuan mikroba patogen untuk menghasilkan toksin, di mana toksin berpengaruh dalam perjalanan penyakit.

  • Antigenitas

Kemampuan mikroba patogen merangsang timbulnya mekanisme pertahanan tubuh/antibodi pada diri pejamu. Kondisi ini akan mempersulit mikroba patogen itu sendiri untuk berkembang biak, karena melemahnya respons pejamu menjadi sakit.
thumbnail Title : Sifat-sifat Penyakit Infeksi
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-08-31T07:24:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 07.24