Pengertian Kanker Serviks dan Penyebabnya


Pengertian Kanker Serviks dan Penyebabnya - Serviks merupakan bagian dari rahim. Kanker serviks adalah kanker yang muncul pada leher rahim wanita. Leher rahim sendiri berfungsi sebagai pintu masuk menuju rahim dari vagina. Sel kanker tumbuh di cerviks dan vagina. Karena itu dibicarakan terpisah dari kanker rahim. Rahim kaya dengan pembuluh darah. Pembuluh darah sekaligus mengurusi indung telur, cervix, dan vagina. Uterus juga kaya dengan jaringan kelenjar limphae yang merupakan penyaring infeksi dan sel perusak lain.

Proses Kanker Serviks

Dalam situasi normal, sel akan bertambah tua dan memproduksi sel baru. Tetapi pada kanker, sel membelah secara tidak terkendali dan tidak menjadi tua, kemudian mati seperti biasa. Apabila terjadi sel membelah secara tidak terkendali, terbentuklah tumor atau satu masa. Masa ini akan menginvasi jaringan daerah sekitarnya hingga sel jaringan sekitar ikut berubah fungsi, tidak normal lagi.

Pada keadaan kanker, sel selaput lendir serviks mengadakan proliferasi (membelah dan tumbuh). Mulanya sel-sel membentuk susunan seperti bentuk kelenjar. Dengan permukaan seperti karet busa (spongiform) dan kaya dengan pembuluh darah.

Kanker serviks merupakan keganasan nomor 3 paling sering dari alat kandungan dan menempati urutan ke-8 dari keganasan pada perempuan, di Amerika. Umur rata- rata permepuan yang terserang kanker serviks sekitar50-an tahun. Namun demikian pernah dilaporkan kasus kanker serviks berumur 20-1n. Sekitar 1% penderita kanker serviks terdiagnosa pada waktu perempuan sedang hamil atau baru saja selesau dari proses kehamilan.

PENYEBAB KANKER SERVIKS
Human papilloma Virus (HPV) merupakan penyebab dari kanker serviks. Sedangkan penyebab banyak kematian pada kaum wanita adalah virus HPV tipe 16 dan 18. Virus ini sangat mudah berpindah dan menyebar, tidak hanya melalui cairan, tapi juga bisa berpindah melalui sentuhan kulit. Selain itu, penggunaan wc umum yang sudah terkena virus HPV, dapat menjangkit seseorang yang menggunakannya jika tidak membersihkannya dengan baik.

Selain itu, kebiasaan hidup yang kurang baik juga bisa menyebabkan terjangkitnya kanker serviks ini. Seperti kebiasaan merokok, kurangnya asupan vitamin terutama vitamin c dan vitamin e serta kurangnya asupan asam folat. Kebiasaan buruk lainnya yang dapat menyebabkan kanker serviks adalah seringnya melakukan hubungan intim dengan berganti pasangan, melakukan hubungan intim dengan pria yang sering berganti pasangan dan melakukan hubungan intim pada usia dini (melakukan hubungan intim pada usia <16 tahun bahkan dapat meningkatkan resiko 2x terkena kanker serviks). Faktor lain penyebab kanker serviks adalah adanya keturunan kanker, penggunaan pil KB dalam jangka waktu yang sangat lama, terlalu sering melahirkan.

thumbnail Title : Pengertian Kanker Serviks dan Penyebabnya
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-08-31T19:00:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 19.00