Klasifikasi Toxoplasma gondii


Klasifikasi Toxoplasma gondiiToxoplasma gondii merupakan salah satu spesies protosoa genus toxoplasma, T. gondii menyerang kucing, tetapi parasit dapat dibawa oleh semua mamalia. T. gondii menyebabkan penyakit toksoplasmosis.

Klasifikasi Toxoplasma gondii

Toxoplasma gondii pertama kali ditemukan oleh Nicole dan Manceaux tahun 908 pada limfa dan hati hewan pengerat Ctenodactylus gundi di Tunisia Afrika dan pada seekor kelinci di Brazil. Lebih lanjut Mello pada tahun 1908 melaporkan protozoa yang sama pada anjing di Italia, sedangkan Janku pada tahun 1923 menemukan protozoa tersebut pada penderita korioretinitis dan oleh Wolf pada tahun 1937 telah di isolasinya dari neonatus dengan ensefalitis dan dinyatakan sebagai penyebab infeksi kongenital pada anak. Walaupun perpindahan intra-uterin secara transplasental sudah diketahui, tetapi baru pada tahun 1970 daur hidup parasit ini menjadi jelas ketika ditemukan daur seksualnya pacta kucing (Hutchison, 1970). Di Indonesia toksoplasmosis mulai diteliti pakar ilmu kesehatan pada tahun 1972 baik pada manusia ataupun pada hewan (Sasmita, 1989).

Toxoplasma gondii adalah hewan bersel satu yang disebut protozoa.
b. Penyakit yang ditimbulkan yaitu Toxoplasmosis congenital dan Toxoplasmosis akuisita
c. Hospes definitive : kucing dan binatang sejenisnya
d. Hospes perantara : manusia, mamalia lainnya dan burung.

Morfologi Toxoplasma gondii
Toxoplasma gondii merupakan protozoa obligat intraseluler, terdapat dalam tiga bentuk yaitu takizoit (bentuk proliferatif), kista (berisi bradizoit) dan ookista (berisi sporozoit) (WHO, 79, Frenkel,1989, Sardjono dkk., 1989). Bentuk takizoit menyerupai bulan sabit dengan ujung yang runcing dan ujung lain agak membulat. Ukuran panjang 4-8 mikron, lebar 2-4 mikron dan mempunyai selaput sel, satu inti yang terletak di tengah bulan sabit dan beberapa organel lain seperti mitokondria dan badan golgi (Levine, 1990). Tidak mempunyai kinetoplasbdan sentrosom serta tidak berpigmen. Bentuk ini terdapat di dalam tubuh hospes perantara seperti burung dan mamalia termasuk manusia dan kucing sebagal hospes definitif. Takizoit ditemuKan pada infeksi akut dalam berbagai jaringan tubuh. Takizoit dapat memasuki tiap sel yang berinti.

Siklus hidup Toxoplasma gondii memiliki dua fase.Yaitu seksual bagian dari siklus kehidupan (coccidia seperti) berlangsung hanya dalam kucing , baik domestik maupun liar (keluarga Felidae).Tahap kedua, aseksual bagian dari siklus kehidupan, dapat terjadi pada hewan berdarah panas lain, termasuk kucing, tikus , manusia , dan burung.Host di mana reproduksi aseksual terjadi disebut hospes perantara.Tikus adalah hospes perantara khas.

Dalam kedua jenis semesta alam, parasit Toxoplasma menyerang sel dan bentuk ruang yang disebut vakuola.Di dalam vakuola ini khusus, yang disebut vakuola parasitophorous , bentuk-bentuk parasit bradyzoites , yang merupakan versi mereplikasi perlahan-lahan dari parasit.Vakuola yang berisi bradyzoites reproduksi bentuk kista terutama di jaringan otot dan otak. Karena parasit berada di dalam sel, mereka aman dari host sistem kekebalan tubuh , yang tidak menanggapi kista. 

Klasifikasi Toxoplasma gondii

Kerajaan : Protista
Filum : Apicomplexa
Kelas : Conoidasida
Subkelas : Coccidiasina
Ordo : Eucoccidiorida
Famili : Sarcocystidae
Genus : Toxoplasma
Spesies : Toxoplasma gondii
thumbnail Title : Klasifikasi Toxoplasma gondii
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-07-14T16:00:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 16.00