Klasifikasi Cengkeh


Klasifikasi Cengkeh - Tanaman cengkeh merupakan tanaman asli Indonesia, biasanya dapat tumbuh di daerah pegunungan tinggi. Cengkeh di gunakan di negara-negara Eropa dan Amerika untuk bumbu masakan pedas. Aroma cengkeh juga digunakan pada makanan asli indonesia seperti nasi kuning dan Songkolo' (makanan asli Makassar), dan bumbu utama pembuatan rokok yang dicampur dengan tembakau.

Daun dan Calon Biji Cengkeh

Biji Cengkeh

Pohon Cengkeh

Taksonomi Cengkeh

Cengkeh sejenis tumbuhan Perdu, Pohon cengkeh merupakan tanaman tahunan yang dapat tumbuh dengan tinggi 10-20 m. Mempunyai daun berbentuk lonjong yang berbunga pada pucuk-pucuknya. Tangkai buah pada awalnya berwarna hijau, dan berwarna merah jika bunga sudah mekar. Cabang-cabang dari tumbuhan cengkeh tersebut pada umumnya panjang dan dipenuhi oleh ranting-ranting kecsil yang mudah patah. Mahkota atau juga lazim disebut tajuk pohon cengkeh berbentuk kerucut. Daun cengkeh berwarna hijau berbentuk bulat telur memanjang dengan bagian ujung dan panggkalnya menyudut. Bunga dan buah cengkeh akan muncul pada ujung ranting daun dengan tangkai pendek serta bertandan.Pada saat masih muda bunga cengkeh berwarna keungu-unguan, kemudian berubah menjadi kuning kehijau-hijauan dan berubah lagi menjadi merah muda apabila sudah tua. Sedang bunga cengkeh kering akan berwarna coklat kehitaman dan berasa pedas sebab mengandung minyak atsiri.

Bunga cengkeh selain mengandung minyak atsiri, juga mengandung senyawa kimia yang disebut eugenol, asam oleanolat, asam galotanat, fenilin, karyofilin, resin dan gom.
Berikut adalah nama-nama lokal cengkeh:

Clove (Inggris)
‘ Cengkeh (Indonesia, Jawa, Sunda)
‘ Wunga Lawang (Bali)
‘ Cangkih (Lampung)
‘ Sake (Nias)
‘ Bugeu Lawang (Gayo)
‘ Cengke (Bugis)
‘ Sinke (Flores)
‘ Canke (Ujung Pandang)
‘ Gomode (Halmahera, Tidore)

Manfaat Cengkeh
Cengkih dapat digunakan sebagai bumbu, baik dalam bentuknya yang utuh atau sebagai bubuk. Bumbu ini digunakan di Eropa dan Asia. Terutama di Indonesia, cengkih digunakan sebagai bahan rokok kretek. Cengkih juga digunakan sebagai bahan dupa di Republik Rakyat Tiongkok dan Jepang. Minyak cengkih digunakan di aromaterapi dan juga untuk mengobati sakit gigi. Daun cengkih kering yang ditumbuk halus dapat digunakan sebagai pestisida nabati dan efektif untuk mengendalikan penyakit busuk batang Fusarium dengan memberikan 50-100 gram daun cengkih kering per tanaman.

Klasifikasi Tanaman Cengkeh (Syzygium aromaticum)
Divisi                  : Spermatophyta
Subdivisi            : Angiospermae
Kelas                  : Dicotyledonae
Bangsa               : Myrtales
Suku                   : Myrtaceae
Marga                 : Syzygium
Jenis                   : Syzygium aromaticum (L.) Merr. & Perry
thumbnail Title : Klasifikasi Cengkeh
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-07-16T10:24:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 10.24