Domestikasi atau Seleksi Buatan


Domestikasi atau Seleksi Buatan - Domestikasi merupakan pembudidayaan makhluk hidup. Persilangan tumbuhan maupun hewan yang didomestifikasi menciptakan varietas-varietas yang memiliki sedikit kemiripan ciri-ciri eksternal dengan spesies liar moyangnya. Seleksi buatan juga menyebabkan banyaknya varietas persilangan kucing, anjing, burung dara, sapi, dan hewan-hewan peliharaan lainnya. Dalam beberapa kasus, persilangan dikembangkan untuk kepentingan-kepentingan tertentu. Suatu famili organisme yang diseleksi oleh penyilang (manusia) menunjukkan ciri-ciri tertentu, contohnya burung dara yang memiliki bulu ekor berbentuk kipas.

Penyilang mengawinkan burung-burung dara tersebut secara bersama-sama dan menyeleksi lagi keturunan-keturunannya untuk mendapatkan burung dara berbulu ekor berbentuk kipas yang lebih lebar. Seleksi buatan ini mengakibatkan (setelah beberapa generasi) munculnya varietas persilangan murni burung dara dengan bulu ekor berbentuk kipas. Seleksi buatan menghasilkan perubahan-perubahan dalam waktu singkat. Para penyilang melakukan seleksi buatan untuk mendapatkan tumbuhan dan hewan dengan sifat-sifat yang diinginkan.


Charles Darwin mulai menyeleksi burung dara sebagai akibat langsung dari ketertarikannya terhadap variasi-variasi pada organisme. Dia mencatat hal itu dalam bukunya The Origin of species. Buku itu menyatakan bahwa terdapat lebih dari selusin varietas burung dara, yang menurut ahli ornitologi adalah burung liar. Burung-burung itu dikenali sebagai spesies-spesies yang berbeda. Semua burung dara tersebut berasal dari burung dara batu, suatu jenis burung dara liar. Darwin berpendapat bahwa suatu spesies mampu berevoulusi menjadi spesies lain karena adanya perubahan-perubahan yang terjadi secara bertahap dan karena adanya seleksi alam.
thumbnail Title : Domestikasi atau Seleksi Buatan
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-04-08T12:09:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 12.09