Bukti dari Biokmia Perbandingan


Bukti dari Biokmia Perbandingan - Studi anatomi perbandingan memperlihatkan adanya homologi anatomi, demikian pula studi biokimia dari macam-macam organisme telah mengungkapkan Homologi biokimia. Pada kenyataannya, persamaan biokimia organisme hidup adalah salah satu ciri yang mencolok dari kehidupan.


Enzim-enzim sitokrom terdapat pada hampir setiap organisme hidup. Salah satu dari enzim ini, yaitu sitokrom c, adalah rantai polipeptida yang terdiri atas 104 sampai 112 asam amino (bergantung pada organisme yang menyandangnya). Pada tahun-tahun belakangan ini telah ditentukan urutan asam amino yang pasti dalam rantai ini bagi sitokrom c dari beragam organisme sperti manusia, kelinci, penguin, dan sebagainya. Meskipun terdapat banyak variasi dalam urutan, terutama antar organisme yang kita anggap berkerabat jauh, ternyata ada juga sejumlah besar persamaannya. Urutan asam amino pada manusia berbeda dengan urutan monyet rhesus hanya pada satu tempat dalam rantai. Sitokrom c dari tanaman gandum berbeda dari kepunyaan kita dalam 35 asam amino. Akan tetapi, 35 asam amino lainnya dalam rantai terbukti sama pada spesies yang telah diuji. Hal ini termasuk satu bagian yang terdiri atas 11 asam amino yang berurutan (No. 70-80) yang terdapat pada semua organisme yang kita kenal. Kita mengetahui bagaimana urutan nukleotida dalam molekul DNA menyandi urutan asam amino dalam protein. Terdapatnya gen untuk sitokrom c yang mengandung banyak informasi yang sama pada begitu banyak jenis organisme tidak akan dapat dijelaskan tanpa menggunakan teori evolusi, Jelaslah fenomena ini berarti bahwa kita semua mewarisi gen ini dari nenek moyang yang sama, sekalipun dengan akumulasi mutasi.

Alasan yang sama diterapkan pada persamaan biokimia lain di antara organisme-organisme. Studi mengenai urutan asam amino pada hemoglobin mamalia memperlihatkan persamaan yang dekat, terutama pada spesies-spesies yang di duga berkerabat dekat. DNA dan RNA terdapat pada setiap organisme hidup, dan sepanjang pengetahuan kita, mengandung mekanisme penyandian hereditas yang sama. Selanjutnya sebagaian besar vertebrata mempunyai hormon-hormon yang sama atau mirip. Prolaktin, misalnya terdpat pada berbagai vertebrata seperti ikan, burung, dan mamalia, meskipun fungsinya pada masing-masing berbeda. Jadi dalam bidang kimia ada hal-hal yang paralel dengan anggota tubuh depan yang homolog yang telah kita bahas lebih dalam. 
thumbnail Title : Bukti dari Biokmia Perbandingan
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2014-12-03T20:32:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 20.32