Teknik Kultur Anther


Teknik Kultur Anther - Keberhasilan kultur anther telah diwujudkan pada tanaman seperti Datura innoxia, Nicotiana tabacum, karet, poplar, anggur, tanaman Gramineae serta pada tanaman anggrek. Teknik kultur anther relatif sederhana, efisien yang paling penting adalah kritis dalam penentuan tingkat perkembangan pollen (androgenesis) yang tepat pada anther yang akan dijadikan eksplan.

Kultur Anther

Kultur anther adalah kultur aseptik anther untuk memproduksi kalus atau tanaman haploid dari mikrospora. Kultur anther merupakan suatu metoda untuk memproduksi galur-galur yang homozygot dalam waktu yang relatif lebih cepat dibandingkan dengan metoda konvensional yang memerlukan beberapa generasi

Secara praktis tingkat perkembangan poollen dapat ditentukan berdasarkan pengambilan contoh bberapa tingkat perkembangan kuncup bunga. Tingkat perkembangan androgenesis pollen uninucleat paling sesuai bila digunakan sebagai eksplan.

Kultur anther mempunyai kegunaan sebagai berikut:

  1. Mampu menghasilkan tan. haploid (hanya mempunyai satu genom saja (monohaploid)).  Tanaman haploid dapat digunakan untuk pemuliaan tanaman selanjutnya, dari tanaman monohaploid diperkirakan dapat menghilangkan sifat resesif.
  2. Dari monohaploid dapat dihasilkan derivate yang dihaploid (diploid) dengan cara : Merangkap kromosom dengan perlakuan colchicin. Mengadakan silangan tanaman monohaploid.
  3. Membuat tanaman homozygote.



thumbnail Title : Teknik Kultur Anther
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2014-11-05T15:28:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 15.28