Klasifikasi Ciplukan


Klasifikasi Ciplukan - Ciplukan merupakan salah satu tumbuhan gulma atau liar yang biasa tumbuh di lingkungan yang lembab. Dinamakan ciplukan karena buahnya yang mirip balon. Nama lain dari Ciplukan yaitu Ceplukan, orang Makassar juga biasa menyebutnya dengan Lappo-lappo. Bagi masyarakat perkotaan, tumbuhan ini masih sangat asing. karena  memang biasa nya tumbuh di sela-sela rerumputan.

Ciplukan


Ceplukan merupakan tanaman semusim yang mempunyai tinggi sekitar 1 meter. Batang ciplukan berongga dan bersegi tajam. Daun berbentuk bundar telur memanjang berujung runcing, dengan tepi rata atau tidak, 2,5-10,5 × 5-15 cm. Bunga di ketiak, dengan tangkai yang tegak, keunguan, dan dengan ujung yang mengangguk. Kelopak berbagi lima, dengan taju yang bersudut tiga dan meruncing, hijau dengan rusuk keunguan. Mahkota serupa lonceng, berlekuk lima dangkal, kuning muda dengan noda kuning tua dan kecoklatan di leher bagian dalam, 7-9 mm tingginya. Tangkai sari kuning pucat dengan kepala sari biru muda.
Buah dan Biji Ciplukan, Kelopak Bunganya termodifikasi jadi buah.

Manfaat Ciplukan dari Segi Kesehatan
Ciplukan mengandung bahan-bahan antidioksidan yang dapat menyembuhan berbagai penyakit, zat-zat itu antara lain, Acid, C27H44O-H2O, Asam Sitrun, Fisalin, Flavonoid, Saponin, Polifenol. Kandungan Buah Ciplukan : Asam Malat, Alkaloid, Tanin, Kriptoxantin, Vitamin C dan Glukosa.Kandungan Biji Ciplukan : Elaidic Acid. Dapat menyembuhan berbagai penyakit diantaranya, diabetes Mellitus, sakit paru-paru, Sebagai obat ayan, Sebagai obat borok. 
EFEK FARMAKOLOGIS: Tumbuhan ini bersifat : analgetik, peluruh air seni, menetralkan racun (detoxifies), meredakan batuk, mengaktifkan fungsi kelenjar-kelenjar tubuh. Dalam farmakologi Cina disebut tumbuhan ini memiliki rasa pahit dan sifat sejuk.

Klasifikasi Ciplukan (Physalis angulata)
Kingdom                : Plantae
Divisi                      : Spermatophyta
Sub divisi                : Angiospermae
Kelas                       : Dicotyledonnae
Ordo                       : Solanales
Famili                      : Solanaceae
Marga                     : Physalis
Spesies                    : Physalis angulata L
thumbnail Title : Klasifikasi Ciplukan
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2014-09-26T08:33:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 08.33