Klasifikasi Beruang


Klasifikasi Beruang - Beruang merupakan salah satu binatang berfamili ursidae tergolong binatang buas, dan merupakan jenis paling kecil dari kedelapan jenis beruang yang ada di dunia.Beruang ini adalah fauna khas provinsi Bengkulu sekaligus dipakai sebagai simbol dari provinsi tersebut. Salah satu contoh dari beberapa jenis beruang yaitu Beruang Madu. Beruang Madu memiliki ciri fisik dengan panjang tubuhnya mencapai 1, 40 m, tinggi punggungnya mencapai 70 cm dengan berat berkisar antara 50 – 65 kg. Bulu beruang madu condong pendek, bercahaya serta biasanya hitam, matanya berwarna cokelat atau biru, diluar itu hidungnya relatif lebar namun tak terlampau moncong.

Beruang Madu
Beruang madu hidup di hutan-hutan dataran rendah, hutan perbukitan, dan perbukitan atas sampai ketinggian 1.500 meter. Penyebarannya mulai dari Bangladesh; Brunei Darussalam, Kamboja, China, India, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Thailand, dan Vietnam. Di Indonesia, Beruang madu terdapat di Pulau Sumatera dan Kalimantan.

Pada semua spesies beruang, jantan lebih besar daripada betina. Perbedaan antar jenis kelamin ini, semakin besar pada spesies yang lebih besar. Beruang kutub jantan berbobot dua kali lebih besar daripada betinanya, sedangkan jantan spesies beruang yang lebih kecil berbobot hampir sama dengan betinanya. Beruang dapat hidup sekitar 25 tahun hingga 40 tahun. Beruang yang hidup di hutan, lebih cepat mati daripada mereka yang hidup di kebun binatang.

Berbeda dengan karnivora lainya, beruang adalah plantigrad. Mereka mendistribusikan berat mereka ke kaki belakang yang membuat mereka terlihat kesusahan ketika berjalan. Mereka masih cukup cepat dimana beruang coklat bisa mencapai 48 km per jam walaupun masih lebih lambat dari keluarga kucing dan anjing. Perbedaan lain dengan anggota Karnivora lainnya adalah gigi karnasial yang relatif tidak berkembang dan gigi mereka teradaptasi untuk makan makanan sayuran. Gigi taringnya besar dan gerahamnya datar dan menghancurkan. Ada variasi rumus gigi bahkan dalam spesies. Hal ini menunjukkan kalau beruang masih dalam evolusi dari karnivora menuju herbivora.

Klasifikasi Beruang
Kingdom/ Kerajaan      : Animalia
Filum                            : Chordata (mempunyai penyokong tubuh dalam)
Subfilum                       : Vertebrata (hewan bertulang balakang)
Kelas                           : Mamalia (mempunyai kelenjar susu)
Ordo                            : Carnivora (pemakan daging)
Familia                          : Ursidae (belum diketahui)
Genus                           : Ursus
Spesies                         : Ursus maritimus
thumbnail Title : Klasifikasi Beruang
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2014-09-09T20:07:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 20.07