Efek Radiasi


Efek Radiasi - Ada beebrapa efek radiasi yang perlu anda ketahui dari Radiasi Inframerah, Radiasi Sinar X, dan Radiasi Sinar Matahari. Berikut ulasannya satu-persatu :

Efek Radiasi Sinar X pada obesitas


  • Efek Radiasi Inframerah
Inframerah apabila diserap oleh benda yang tidak memantulkannya, energi yang rekatif rendah dikeluarkan sebagai panas. Panas yang dikeluarkan ini letal bagi mikroorganisme.
Sinar ultravioloet daya penetrasinya sangat kecil, sifatnya tidak mengionkan tetapi mengakibatkan perubahan yang letal pada enzim dan bergabagi konstituen sel bila terjadi penyinaran yang cukup lama.

  • Efek Radiasi Sinar X
Sinar X memiliki daya penetrasi yang cukup kuat, sehingga akibatnya pembuatan dan pemecahan gugus hidrogen dari DNA yang berlangsung secara abnormal dan gangguan struktur molekuler sekunder. Penyinaran singkat bersifat mutagen dan karsinogen. Penyinaran dengan sinar X yang lebih lama akan bersifat letal.

  • Efek Radiasi Sinar Matahari
Sinar matahari dapat mematikan mikroba (bersifat desinfeksi), juga berefek pada tekanan hidrostatik, vibrasai, "osmotic shock", gangguan tegangan permukaan. Ada beberapa bahan yang dapat mengurai tegangan permukaan; misalnya alkohol, asam-asam organik, polipeptida. empedu dan zat-zat tertentu seperti sabun dan deterjen rumah tangga (disebut surfaktan). Adanya jenis surfaktan dalam suatu medium pembiakan dapat mempengaruhi pertumbuhan mikroba. Pengaruhnya berbeda-beda tergantung konsentrasi dan jenis surfaktan, medium yang digunakan dan jenis mikroorganisme.
thumbnail Title : Efek Radiasi
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2013-08-19T22:26:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 22.26