Pengertian Difusi


Pengertian Difusi - Difusi adalah perembesan zat dari ruang berkosentrasi lebih tinggi ke ruang yang berkosentrasi lebih rendah. Perembesan itu mungkin tanpa lewat sekat, mungkin pula lewat sekat. Perembesan tanpa lewat sekat berlangsung dalam protoplasma sendiri seperti dari satu ujung retikulum endoplasma ke ujung lain. 
proses difusi

Perembesan lewat sekat, berlangsung baik antara intra dan ekstra sel, antara sitoplasma dengan nukeleoplasma, atau pun antara sitoplasma dan organel. Pembesaran itu lewat membran.

Difusi berlangsung menurut gradien (kemiringan) konsentrasi. Yakni dari ruang yang konsentrasi zat A tinggi ke ke ruang yang konsentrasi Zat A iu rendah.

Cara difusi umum terdapat pada sel dan tanpa butuh energi. Proses difusi dapat terjadi bagi oksigen, CO2, air, elektrolit, dan bahan organis molekul sederhana. Jika kedua ruang dipisahkan oleh sekat, sekat itu haruslah permeabel (tembus) bagi zat A. Unit membran bersifat semipermeabel atau permeabilitasnya selektif, terpilih. Umumnya membran sel permeabel terhadap air, lemah, serta zat yang larut dalam lemak, dan sedikit elektrolit.

Difusi lewat sekat jauh lebih pelan dan lebih sulit daripada tanpa lewat sekat. Karena molekul zat itu harus melewati molekul-molekul membran yang tersusun rapat. Air mudah berdifusi lewat pori yang banyak tersebar pada membran sel. Porus dibatasi oleh molekul protein intristik.
thumbnail Title : Pengertian Difusi
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2013-07-26T10:33:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 10.33