Klasifikasi Jambu Biji


Klasifikasi Jambu Biji - Jambu biji yang dikenal juga dengan nama latin Psidium guajava . Tanaman ini berasal dari Brasil, yang menyebar di seluruh dunia termasuk Indonesia. Jambu biji merupakan salah jenis tanaman perdu dari famili Myrtaceae .

Jambu Biji

Dari sejumlah jenis jambu biji, terdapat beberapa varietas jambu biji yang digemari orang dan dibudidayakan dengan memilih nilai ekonomisnya yang relatif lebih tinggi diantaranya:
1) Jambu sukun (jambu tanpa biji yang tumbuh secara partenokarpi dan bila tumbuh dekat dengan jambu biji akan cenderung berbiji kembali).
2) Jambu bangkok (buahnya besar, dagingnya tebal dan sedikit bijinya, rasanya agak hambar). Setelah diadakan percampuran dengan jambu susu rasanya berubah asam-asam manis.
3) Jambu merah.
4) Jambu pasar minggu.
5) Jambu sari.
6) Jmabu apel.
7) Jambu palembang.
8) Jambu merah getas.

Jambu Biji memiliki manfaat tersendiri bagi orang yang menggunakannya sebagai Obat Herbal karena mengandung beberapa senyawa seperti, flavonoid, polifenol, karoten dan tannin. Dengan begitu banyaknya kandungan yang terdapat dalam daun jambu biji tersebut, diperkirakan memiliki anti oksidan yang erat khasiatnya dalam mengobati berbagai penyakit. dalam berbagai penelitian pun di ungkapkan salah satunya yang di lakukan oleh Susi indriani tentang khasiat daun jambu biji sebagai anti oksidan. yang paling terkenal dalam kalangan masyarakat bahwa Jambu biji bermanfaat sebagai obat diare.

Klasifikasi Jambu Biji (Psidium guajava)
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Myrtales
Famili: Myrtaceae (suku jambu-jambuan)
Genus: Psidium
Spesies: Psidium guajava L.


thumbnail Title : Klasifikasi Jambu Biji
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2013-07-31T23:10:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 23.10