Klasifikasi Benalu (Loranthus)


Klasifikasi Benalu - Benalu tergolong tumbuhan yang biasanya di junpai di pohon-pohon besar, Benalu merupakan sekelompok tumbuhan parasit obligat yang hidup tumbuh di batang (dahan) tumbuhan lain. Sebagai tumbuhan parasit, benalu hidup dengan mengambil nutrisi dasar yang dimiliki oleh inang untuk selanjutnya diolah menjadi makanan dan energi guna kepentingan tumbuh benalu tersebut. 

Benalu

Benalu tumbuh pada dahan tumbuhan dengan perantara burung. Benalu memiliki buah-buah kecil, apabila sudah masak rasanya manis. Buah inilah yang dimakan burung-burung kecil lalu ditelan bersama bijinya. Pada saat burung itu membuang kotoran, biji benalu akan ikut keluar bersama kotoran burung. Apabila biji benalu itu melekat pada dahan, maka biji akan tumbuh menjadi tumbuhan baru.

sumber: id.wikipedia.org

Selain itu benalu juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan atau dengan kata Benalu juga berfungsi sebagai Tanaman Herbal. Beberapa khasiat benalu yang bisa kita manfaatkan di rumah antara lain :

  1. Tumor dan Kanker: Bahan: 1-2 batang benalu yang menempel pada 1 pohon teh, 1 batang rumput alang-alang, adas palawaras secukupnya. Cara Membuat: semua bahan direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring, lalu diminum 1 kali sehari  ½ gelas.
  2. Amandel: Bahan: 1 batang benalu yang menempel pada 1 pohon jeruk nipis, adas palawaras secukupnya. Cara Membuat: kedua bahan direbus dengan 3 gelas air  sampai mendidih, kemudian disaring, lalu diminum 1 kali sehari  ½ gelas.
  3. Campak: Bahan: 1-2 batang benalu adas pulasari secukupnya. Cara Membua: kedua bahan tersebut ditumbuk bersama sampai halus, lalu digunakan sebagai bedak bagi yang kena campak.
Klasifikasi Benalu:

Kerajaan          : Plantae
Divisi               : Magnoliophyta
Kelas               : Magnoliopsida
Ordo                : Santalales
Famili              : Loranthaceae
Genus              : Loranthus

thumbnail Title : Klasifikasi Benalu (Loranthus)
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2013-04-06T07:58:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 07.58