Histologi Sepala dan Petala



Primordia organ Bunga biasanya dimulai oeh pembelahan sel antikin dalam lapisan sel paling luar ujung bunga. Selain itu, juga pembelahan periklin dan antiklin, atau pembelahan sel miring dalam lapisan kedua. Pada beberapa tumbuhan, sepala dnan petala dimulai dengan pembelahan periklin dalam lapisan kedua dan ketiga, dan primordial stamen dalam lapisan ketiga da keempat. Sepala dan petala mengalami pertumbuahan ujung, tepi, dan interkalar.



Struktur luar sepala dan petala seperti struktur daun. Apabila bagian dalamnya berwarna hijau, sepala mirip helaian daun, sedangkan apabila berwarna, jelas berbeda dengan petala. Pada perintium, perkembangan system pembuluh biasanya hanya sedikit dan tulang daun biasanya tidak mempunyai sklerenkim. Mesofil biasanya terdiri atas parenkim spons saja dan selnya berisi kromoplas atau pigmen dalam cairan sel. Biasanya dinding sel epidermis tipis, dinding antiklin pada kebanyakan bunga terlipat atau berombak. Dinding luar sel epidermis biasanya mempunyai papilla yang membuat petala tampak mengkilap. Banyak papilla terdapat pada epidermis abaksial dan tidak berkembang pada dasar petala. Stomata, apabila ada, jarang dan tidak berfungsi. Trikoma sering kali ada pada petala dan sepala. Sering kali, ruang antar sel ditutupi oleh kutikula. Ketebalan kutikula beragam pada tumbuhan yang berbeda. Bermacam pigmen ditemukan dalam sel epidermis sepala dan petala. Petala pada umumnya, mempunyai struktur dalam yang mirip dengan helaian daun da mesofilnya berkembang lebih baik, memiliki palisade, epidermis tidak mempunyai papilla, dan memiliki banyak stomata.

Sepala dan petala dapat berlekatan membentuk suatu tutup atau operculum yang dapat terbuka sekelilingnya seperti pada kelompok Eucalyptus. Sepala dan petala dapat membentuk dua operculum yang terpisah, atau mungkin berlekata, dan membentuk operculum biasa. Pada kelompok lain dari eucalyptrus , perkembangan seluruh operculum tampak menjadi struktur tunggal yang dibentuk oleh petala saja.
thumbnail Title : Histologi Sepala dan Petala
Posted by : Budianto
Published : 2013-01-19T08:56:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 08.56