Klasifikasi Anggrek Bulan


Klasifikasi Anggrek Bulan - Seperti yang kita ketahui bersama bahwa tumbuhan anggrek memiliki beberapa jenis spesies, hal itu biasanya ditandai dengan bentuk tumbuhannya dan warna bunganya.  Jenis anggrek yang kita bahas ini merupakan jenis anggrek yang umum kita lihat bersama dan sering kita jumpai di lingkungan sekitar, seperti di depan rumah warga ataupun di hutan yaitu ANGGREK BULAN. Anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) merupakan salah satu anggota genus Phalaenopsis, genus yang pertama kali ditemukan oleh seorang ahli botani Belanda, Dr. C.L. Blume. Phalaenopsis sendiri sedikitnya terdiri atas 60 jenis (spesies) dengan sekitar 140 varietas yang 60 varietas diantaranya terdapat di Indonesia.

Anggrek Bulan

Bunga Anggrek Bulan

Anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) merupakan jenis anggrek (Orchidaceae) yang mempunyai ciri khas kelopak bunga yang lebar dan berwarna putih. Meskipun saat ini sudah banyak anggrek bulan hasil persilangan (anggrek bulan hibrida) yang memiliki corak dan warna beragam jenis.

Anggrek Bulan ini tersebar luas di wilayah asia khususnya di Malaysia, Indonesia, Filipina dan Papua sampai ke Australia. Anggrek jenis ini hidup secara epitif dengan menempel di batang ataupun cabang tumbuhan lain yang terdapat di hutan-hutan yang tumbuh subur di kawasan 600 meter di atas permukaan laut.

Penampilan bunga anggrek bulan amat mempesona, karena selain mempunyai calyx, corolla, dan bibir bunga dengan bentuk yang amat variasi, juga memiliki warna yang beraneka macam, mulai dari putih bersih, putih kekuning-kuningan, merah, ungu, sampai kombinasi warna-warna lain, tergantung pada jenis atau spesiesnya. Anggrek bulan hasil silangan (hibrida), umumnya memiliki bentuk dan warna bunga yang berbeda dengan bentuk dan warna kedua induknya.

Ciri-ciri dan Karakteristik Anggrek Bulan
Anggrek bukan merupakan tanaman anggrek monopodial dimana ia menyukai sedikit cahaya matahari untuk kelangsungan hidupnya. Daunya berwarna hijau dan bentuknya memanjang. Warna akarnya putih, dan bentuknya bulat memanjang dan terasa berdaging. Bunganya hanya mempunyai sedikit keharuman dan dimana saat mekar diameternya bisa tumbuh hingga 10cm lebih dengan waktu yang relatif lama.

Klasifikasi Anggrek Bulan
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas: Liliidae
Ordo: Orchidales
Famili: Orchidaceae (suku anggrek-anggrekan)
Genus: Phalaenopsis

Spesies: Phalaenopsis amabilis Blume
thumbnail Title : Klasifikasi Anggrek Bulan
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-08-28T09:00:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 09.00