Klasifikasi Makhluk Hidup 5 Kingdom


Klasifikasi Makhluk Hidup 5 Kingdom - Dalam ilmu Biologi dikenal adanya kingdom atau kerajaan. Kingdom adalah tingkatan paling atas dalam Biologi. Para ahli biologi telah banyak melakukan perubahan terkait kingdom dalam dunia hewan maupun tumbuhan. Pengklasifikasian ini didasarkan pada  ciri-ciri morfologi,anatomi dan fisiologinya. Dalam klasifikasi lima kingdom, mahluk hidup dikelompokkan kedalam kingdom (kerajaan) monera, protista, fungi, plantae dan animalia.

Klasifikasi 5 Kingdom


  • Monera (sekarang Eubacteria dan Archaebacteria)

Monera meliputi makhluk hidup yang sangat sederhana. Tubuh Monera terdiri atas satu sel (uniseluler). Oleh karena itu, anggota-anggota Monera tidak dapat dilihat dengan mata secara langsung. Monera dapat dilihat menggunakan alat bantu, misal mikroskop. Inti sel Monera tidak dapat dilihat dengan jelas karena tidak memiliki membran inti. Oleh karena itu, Monera tergolong organisme prokariotik (tidak memiliki membran inti). Monera berkembang biak dengan cara membelah diri. Monera membelah dengan cara sederhana, yaitu satu sel menjadi dua, dua sel menjadi empat, dan seterusnya. Pada kondisi yang ideal setiap sel bakteri akan membelah setiap 20 menit.
Anggota Monera pada umumnya tidak dapat bergerak. Namun, ada beberapa anggota Monera yang mampu bergerak. Monera yang mampu bergerak biasanya memiliki alat gerak berupa flagela. Termasuk dalam kingdom ini yaitu bakteri dan ganggang hijau-biru (Cyanobacteria). Bentuk bakteri bermacam-macam, ada yang berbentuk batang (bacillus), berbentuk bulat (coccus), berbentuk lengkung (comma), dan berbentuk spiral (spirillum). Bakteri berbentuk batang dan bulat biasanya mempunyai flagela. Flagela ini berfungsi sebagai alat gerak. 

Sebagian besar anggota Monera bermanfaat bagi manusia, contoh bakteri Streptococcus lactis. Bakteri Streptococcus lactis digunakan untuk pembuatan mentega. Namun, beberapa jenis Monera dapat mengakibatkan penyakit pada manusia, misal Salmonella typhosa yang dapat mengakibatkan penyakit tifus. 

  • Protista
Termasuk ke dalam kingdom ini adalah organisme yang bersel tunggal bersifat eukariotik. Eukariotik berarti inti sel-selnya telah bermembran, meliputi protozoa dan alga. Sistem klasifikasi ini dirintis oleh Ernst Haeckel (1834-1919)

  • Fungi

Merupakan kelompok makhluk hidup yang memperoleh makanan dengan cara menguraikan sisa makhluk hidup lain. Menyerupai tumbuhan namun tidak memiliki klorofil. Ada yang uniseluler dan ada yang multiseluler, memilki dinding sel yang jelas, contoh: jamur dan ragi/khamir.  Jamur multiseluler tersusun atas rangkaian sel-sel yang membentuk benang dengan atau tanpa sekat melintang, disebut hifa. Hifa dapat berfungsi sebagai  penyerap makanan yang dilakukan oleh\ miselium (kumpulan hifa ). Fungi pada umumnya bersifat saprofit (organisme yang hidup dan makan dr bahan organik yg sudah mati atau yg sudah busuk) dan parasit (organisme yg hidup dan mengisap makanan dr organisme lain yg ditempelinya). Jamur dibagi menjadi 6 divisi, yaitu  Myxomycotina (jamur lendir), Oomycotina, Zygomycotina, Ascomycotina, Basidiomycotina dan Deuteromycotin.

  • Plantae
1. Makhluk hidup bersel banyak
2. Memiliki dinding sel yang kuat
3. Berinti / eukariotik
4. Memiliki zat warna / kloroplas yang berisi klorofil / makhluk autotrof
5. Di bagi dalam 3 kelompok : Lumut / Bryophyta, paku - pakuan / Pteridophyta, dan tumbuhan biji / Spermatophyta. Ketiga kelompok tersebut dikelompokan dalam dua kelompok besar :
a. Tumbuhan Tidak berpembuluh, dengan ciri utamanya tidak mempunyai pembuluh angkut, akar bersifat rhizoid, belum terlihat pembagian yang jelas antar akar batang dan daun. Yang termasuk kelompok ini adalah Bryophyta / Lumut.
b. Tumbuhan berpembuluh, dengan ciri utamanya memiliki pembuluh angkut ; akar, batang, dan daun yang sejati disebut juga dengan tumbuhan cormus (CORMOPHYTA). Yang termasuk ke dalam kelompok ini adalah Pteridophyta / tumbuhan paku dan Spermatophyta (tumbuhan Biji).

  • Mamalia
Berdasarkan tulang belakangnya hewan dibagi menjadi vertebrata (memiliki tulang belakang), dan avertebrata (tidak memiliki tulang belakang).

Avertebrata
Porifera (hewan berpori)
Mollusca (hewan bertubuh lunak)
Coelenterata (hewan berongga)
Enchinodermata (hewan berkulit duri)
Artrhopoda (hewan berbuku-buku)
Platyhelmintes (cacing pipih)
Nemathelmintes (cacing gilig)
Annelida (cacing gelang)

Vertebrata
Pisces (ikan)
Aves (burung)
Amphibia
Reptilia
Mamalia
thumbnail Title : Klasifikasi Makhluk Hidup 5 Kingdom
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-01-21T17:11:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 17.11