Klasifikasi Kencur


Klasifikasi Kencur - Kencur termasuk ke dalam terna kecil yang siklus hidupnya semusim atau beberapa musim. Tumbuhan ini memiliki akar rimpang yng bercabang halus dan menempel pada rimpang akar.

Kencur dan Rimpangnya

Daun tunggal, berwarna hijau dengan pinggir merah kecoklatan bergelombang. Bentuk daun jorong lebar sampai bundar, panjang 7 - 15 cm, lebar 2 - 8 cm, ujung runcing, pangkai berlekuk, dan tepinya rata. Permukaan daun bagian atas tidak berbulu, sedangkan bagian bawah berbulu halus Tangkai daun pendek, berukuran 3-10 cm, pelepah terbenam dalam tanah, panjang 1,5 - 3,5 cm, berwarna putih.

Tanaman ini berbunga 4 – 6 bunga dalam 1 bulir, berwrna putih dengan labellum besar, rata ungu dengan tambahan seperti daun bercelah 2. Akar tanaman ini pendek, tum,pul berbentuk jari sebesar jahe oleh sutu bintik terbagi dalam bagian- bagian pendek, ersisik tapi tidak keras. banyak getah dan mudah patah. berwarna putih.

Kandungan Kimia Kencur
Hampir seluruh bagian tanaman kencur mengandung minyak atsiri. Zat-zat kimia yang telah banyak diteliti adalah rimpangnya, yakni mengandung minyak atsiri 2,4% - 3,9 %, juga Cinnamal, aldehide, asam motil p-cumarik, asam cinnamat, etil ester dan pentadekan. Kandungan kimia tersebut sangat berguna bagi obat-obatan. seperti Maag. Selain itu, kencur juga banyak digunakan sebagai bahan kosmetik untuk ramuan kebugaran, campuran bedak dingin, masker, dan juga untuk pelangsing tubuh.

Klasifikasi Kencur (Kaempferia galanga)
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas: Commelinidae
Ordo: Zingiberales
Famili: Zingiberaceae (suku jahe-jahean)
Genus: Kaempferia
Spesies: Kaempferia galanga L.

thumbnail Title : Klasifikasi Kencur
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2014-09-28T21:40:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 21.40