Klasifikasi Kambing (Capra aegagrus)


Klasifikasi Kambing (Capra aegagrus) - Kambing merupakan jenis ternak ruminansia yang sudah sejak lama dibudidayakan. Memelihara ternak ini relatif tidak sulit, karena selain jinak makanannya juga cukup beragam. Berbagai jenis hijauan mau dimakannya bahkan di beberapa daerah kambing memakan berbagai macam limbah rumah tangga bahkan mau memakan kertas koran.

Kambing (Cepra Aegagrus)

Kambing sudah dibudidayakan manusia kira-kira 8000 hingga 9000 tahun yang lalu. Di alam aslinya, kambing hidup berkelompok 5 sampai 20 ekor. Dalam pengembaraannnya mencari makanan, kelompok kambing ini dipimpin oleh kambing betina yang paling tua, sementara kambing-kambing jantan berperan menjaga keamanan kawanan. Waktu aktif mencari makannya siang maupun malam hari. Makanan utamanya adalah rumput-rumputan dan dedaunan.

Umumnya, kambing mempunyai jenggot, dahi cembung, ekor agak ke atas, dan kebanyakan berbulu lurus dan kasar. Panjang tubuh kambing liar, tidak termasuk ekor, adalah 1,3 meter - 1,4 meter, sedangkan ekornya 12 sentimeter - 15 sentimeter. Bobot yang betina 50 kilogram - 55 kilogram, sedangkan yang jantan bisa mencapai 120 kilogram. 

Kambing berkembang biak dengan melahirkan. Kambing bisa melahirkan dua hingga tiga ekor anak, setelah bunting selama 150 hingga 154 hari. Dewasa kelaminnya dicapai pada usia empat bulan. Dalam setahun, kambing dapat beranak sampai dua kali. Biasanya dalam upacara agama Islam, terutama dalam perayaan hari raya Idul Adha, Kambing dijadikan sebagai hewan korban, yang daging nya dibagi-bagikan ke kaum fakir miskin. 

Klasifikasi Kambing (Capra aegagrus)
Kingdom/Kerajaan       : Animalia
Filum                            : Chordata (mempunyai penyokong tubuh dalam)
Kelas                            : Mammalia (mempunyai kelenjar susu)
Ordo                            : Artiodactyla (hewan berkuku genap)
Familia                          : Bovidae (Sistem pencernaan kompleks)
Genus                           : Capra
Spesies                         : Capra aegagrus

thumbnail Title : Klasifikasi Kambing (Capra aegagrus)
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2014-08-12T12:01:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 12.01