Klasifikasi Teh (Camellia sinensis)


Klasifikasi Teh (Camellia sinensis) - Teh merupakan sejenis tanaman yang sangat bermanfaat dalam kehidupan kita. Pada teh atau Camellia sinensis yang digunakan hanya daun dan pucuknya saja yang digunakan. Penggunaanya digunakan untuk dijadikan minuman hangat yang sangat nikmat untuk diseduh yang masyarakat menyebutnya dengan nama minuman "Teh'.  Famili dari teh ini adalah Theaceae. Tanaman Camellia sinensis habitat aslinya di Asia selatan dan Asia Tenggara. dan sampai sekarang sudah bisa didapat di seluruh Dunia.


Camellia sinensis

Tumbuhan teh memiliki akar tunggang yang kuat. Bunganya kuning-putih berdiameter 2,5–4 cm dengan 7 hingga 8 petal. Daun teh memiliki panjang 4–15 cm dan lebar 2–5 cm. Daun teh berbau khas aromatik, rasanya agak sepet. Selain itu daun teh mempunyai ciri–ciri helai–helai daun yang cukup tebal, kaku, berbentuk sudip melebar sampai sudip memanjang, bertangkai pendek, permukaan daun bagian atas mengkilat, pada daun muda permukaan bawahnya berambut jika telah tua menjadi licin, tepi daun bergerigi, agak tergulung ke bawah, berkelenjar yang khas dan terbenam.

Daun muda yang berwarna hijau muda lebih disukai untuk produksi teh; daun-daun itu mempunyai rambut-rambut pendek putih di bagian bawah daun. Daun tua berwarna lebih gelap. Daun dengan umur yang berbeda menghasilkan kualitas teh yang berbeda-beda, karena komposisi kimianya yang berbeda. Biasanya, pucuk dan dua hingga tiga daun pertama dipanen untuk permrosesan. Pemetikan dengan tangan ini diulang setiap dua minggu.

Teh yang siap dipanen


Tanaman teh ini banyak dibudidayakan di daerah yang tropis atau subtropis. banyak teh kualitas tinggi ditanam di ketinggian hingga 1500 meter karena tanaman ini tumbuh lebih lambat dan rasanya yang lebih baik.

Klasifikasi Teh (Camellia sinensis)
Kingdom : Plantae
Divisi       : Spermatophyta
Sub divisi : Angiospermae
Kelas       : Dicotyledoneae
Sub Kelas : Dialypetalae
Ordo        : Guttiferales
Familia      : Theaceae
Genus        : Camellia
Spesies      : Camellia sinensis


thumbnail Title : Klasifikasi Teh (Camellia sinensis)
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2014-03-17T20:28:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 20.28