Klasifikasi Kentang


Klasifikasi Kentang - Kentang merupakan salah satu umbi-umbian yang kaya akan karbohidrat, merupakan salah satu kebutuhan untuk memenuhi pangan manusia dengan kandungan karbohidratnya. Solanum tuberosum, itulah nama sesungguhnya dari kentang . nama sesungguhnya dari kentang. Tanaman ini berasal dari daerah subtropis di Eropa yang masuk ke Indonesia pada saat bangsa Eropa memasuki Indonesia di sekitar abad ke 17 atau 18. 
kentang

Solanum tuberosum atau yang lebih dikenal sebagai kentang merupakan tanaman setahun, bentuk sesungguhnya menyamak dan bersifat menjalar. Batangnya berbentuk segi empat, panjang bisa mencapai 50 – 120 cm dan tidak berkayu. Batang dan daun berwarna hijau kemerah-merahan atau keungu-unguan. Akar tanaman menjalar dan berukuran sangat kecil bahkan sangat halus. Selain mempunyai organ-organ di atas, kentang juga mempunyai organ umbi. Umbi tersebut berasal dari cabang samping yang masuk ke dalam tanah. Cabang ini merupakan tempat untuk menyimpan karbohidrat sehingga membengkak dan bisa dimakan. Umbi bisa mengeluarkan tunas dan nantinya akan membentuk cabang-cabang baru. Kentang termasuk tanaman setahun yang ditanam untuk dipanen umbinya. Umbi kentang merupakan ujung stolon yang membesar  dan merupakan organ penyimpanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi.

Kegunaan Kentang Meskipun kentang bukan bahan makanan pokok bagi rakyat Indonesia, tetapi komsumennya cenderung meningkat dari tahun ketahun karena jumlah penduduk makin  bertambah, taraf hidup masyarakat meningkat. Sebagai bahan makanan, kentang banyak mengandung karbohidrat, sumber mineral ( fosfor, besi, kalium ), mengandung vitamin B, vitamin C, dan sedikit vitamin A.

Klasifikasi kentang
Kelas : Dicotyledonce 
Ordo : Tubiflorae 
Family : Solanaceae 
genus : Solanum 
spesies : Solanum tuberosum. 
thumbnail Title : Klasifikasi Kentang
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2013-09-10T23:11:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 23.11