Klasifikasi Mengkudu (Morinda citrifolia)


Klasifikasi Mengkudu - Mengkudu merupakan salah satu tanaman herbal yang cukup terkenal di daerah tropis. Family dari Rubiaceae ini merupakan tanaman pohon tingginya mencapai 3-8 m. Tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 1500 mDpL. Nama Latin dari bauh ini adalah Morinda citrifolia, biasa disebut noni dalam bahasa hawaii dan bahasa Inggris dan ungcoikan dalam bahasa Myanmar.

Mengkudu

Mengkudu termasuk jenis tanaman pohon dan berbatang bengkok,. Daun tunggal dengan ujung dan pangkal kebanyakan runcing. Buahnya termasuk buah bongkol, benjol-benjol tidak teratur, berdaging, jika masak daging buah berair. Buah masak berwarna kuning kotor atau putih kekuning-kuningan dengan panjang 5-10 cm, lebar 3-6 cm.

Khasiat Kimia - Buah mengkudu (M. citrifolia, L.) mengandung scopoletin, sebagai analgesik, antiradang, antibakteri. Glikosida, sebagai antibakteri, antikanker, imunostimulan. Alizarin, Acubin, L. Asperuloside, dan flavonoid sebagai antibakteri. Vitamin C, sebagai antioksidan.

Manfaat Buah Mengkudu ~ Buah Mengkudu dapat Menurunkan Tekanan Darah Menurut penelitian yang dilakukan oleh Djoyosugito, diperoleh hasil bahwa ekstrak buah mengkudu mempunyai pengaruh hipotensi, yaitu menurunkan tahanan aliran darah atau vasodilatasi pembuluh darah tungkai bawah kelinci, sedangkan ekstrak alkohol buah mengkudu memberikan efek menurunkan tahanan perifer dengan vasodilatasi, menurunkan frekuensi, dan kekuatan denyut jantung kelinci. Ekstrak alkohol buah mengkudu ini juga dapat menurunkan tekanan darah arteri femoralis kelinci. Dibandingkan dengan alpranolol efeknya dalam menurunkan tekanan darah kelinci lebih lemah.


Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Asteridae
Ordo: Rubiales
Famili: Rubiaceae (suku kopi-kopian)
Genus: Morinda
Spesies: Morinda citrifolia L.
thumbnail Title : Klasifikasi Mengkudu (Morinda citrifolia)
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2013-08-27T14:48:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 14.48